kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah dilakukan, coba 3 cara membersihkan lidah bayi ini


Selasa, 14 September 2021 / 06:53 WIB
Mudah dilakukan, coba 3 cara membersihkan lidah bayi ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti anak-anak dan orang dewasa, kebersihan mulut bayi juga harus tetap terjaga. Anda tak perlu khawatir karena ada banyak cara membersihkan lidah bayi yang mudah dilakukan. Dengan begitu, risiko infeksi penyakit dapat dihindari.

Kebanyakan orang berpikir bahwa mulut bayi yang belum mengonsumsi makanan padat dan belum memiliki gigi tak perlu dibersihkan. Padahal, kebersihan mulut yang tak terjaga berpotensi mendatangkan banyak penyakit.

Apalagi saat masih bayi, produksi air liur bayi belum optimal. Akibatnya, berbagai jenis kotoran dan bakteri sulit dibersihkan dari dalam mulut. Selain menjaga kesehatan, membersihkan bagian dalam mulut bayi juga membentuk kebiasaan.

Dengan begitu, anak-anak menjadi lebih mudah membiasakan diri untuk sikat gigi di kemudian hari. Jika Anda masih ragu untuk mempraktikkan cara-cara di bawah ini, tak ada salahnya untuk membicarakannya dulu dengan dokter.

Baca Juga: Inilah ciri-ciri anak bayi yang sedang lapar, tidak selalu menangis lo moms

Handuk dan Air Hangat

Cara membersihkan lidah bayi cukup mudah. Melansir Healthline (healthline.com), peralatan yang Anda butuhkan hanyalah handuk bersih dan air hangat. Anda juga bisa mengganti handuk bersih dengan kain kasa.

Pertama, cuci tangan Anda dengan sabun dan air. Setelah itu, tempatkan handuk atau kain kasa di ujung jari lalu celupkan ke air hangat. Selanjutnya, gunakan handuk atau kain kasa yang sudah basah itu untuk membersihkan lidah bayi dengan gerakan memutar secara perlahan.

Lakukan hal yang sama pada gusi dan bagian dalam pipi. Supaya hasilnya bisa maksimal, usahakan untuk melakukan cara membersihkan lidah bayi sebanyak dua kali dalam sehari.

Pasta Gigi dan Gliserin

Cara membersihkan lidah bayi menggunakan pasta gigi bisa dilakukan pada bayi berusia lebih dari 6 bulan.

Untuk bayi yang berusia lebih dari enam bulan, tak ada salahnya untuk menggunakan pasta gigi dan gliserin. Healthline menyebutkan bahwa gliserin tidak beracun.

Namun, usahakan untuk menghindari pemakain dua hal itu pada bayi berusia dari kurang dari enam bulan, ya. Dikhawatirkan bayi menelan terlalu banyak fluor yang terkandung dalam pasta gigi yang mana bisa menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Bayi susah buang air besar? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Obat Antijamur

Kandidiasis mulut adalah salah satu kondisi yang bisa dialami bayi. Hal itu terjadi karena infeksi jamur sehingga membutuhkan obat antijamur. Berbeda dengan sariawan, kandidiasis mulut berwarna putih dan tidak hilang meski sudah Anda usap dengan handuk atau kain kasa basah.

Tidak hanya di lidah, kandidiasis mulut yang bisa muncul di bagian gusi dan pipi dalam. Jangan ragu untuk segera memeriksakan bayi ke dokter. Dengan begitu, kondisi kesehatan bayi bisa tetap terjaga dan tak memburuk.

Selanjutnya: Anak Batuk, Coba Cara Rumahan Ini untuk Bantu Meredakannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×