4 Cara mengatasi depresi, bisa Anda coba dengan mudah

Selasa, 28 September 2021 | 14:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi depresi, bisa Anda coba dengan mudah

ILUSTRASI. Cara mengatasi depresi perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental.

KONTAN.CO.ID - Apakah Anda sedang mengalami depresi? Kondisi kesehatan mental itu perlu Anda tangani dengan serius. Berkonsultasi ke dokter dan minum obat adalah cara mengatasi depresi yang perlu Anda lakukan.

Namun, cara mengobati depresi tidak berhenti sampai di situ. Masih banyak cara yang bisa Anda praktikkan supaya depresi bisa sembuh. Misalnya, dengan mempraktikkan beberapa hal dalam artikel ini.

Hal yang perlu digarisbawahi adalah jangan melakukan diagnosa pribadi atau bahkan mengabaikan gejala depresi, ya. Semakin cepat Anda berkonsultasi ke dokter, semakin cepat pula peluang Anda untuk sembuh dari depresi.

Olahraga

Ada banyak manfaat olahraga yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, rajin olahraga juga berpengaruh baik untuk kesehatan mental Anda.

Melansir Web MD, olahraga mampu meningkatkan endorfin. Endorfin adalah salah satu senyawa dalam tubuh yang bisa memperbaiki mood atau perasaan.

Anda tak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Jika belum terbiasa, Anda bisa mulai olahraga dengan berjalan kaki, jogging, bersepeda, atau jenis olahraga lain yang nyaman untuk Anda lakukan.

Baca Juga: Kenali 6 penyebab kuku rapuh dan mudah patah

Cukupi waktu tidur

Mencukupi waktu tidur di malam hari merupakan cara mengatasi depresi yang tak boleh Anda abaikan.

Jika Anda merasa kesulitan untuk terlelap di malam hari, cobalah untuk mengatur kamar tidur senyaman mungkin. Anda bisa mengatur cahaya, suhu, dan menempatkan pengharum ruangan.

Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi, seperti alpukat, bisa jadi cara mengatasi depresi.

Cara mengatasi depresi berikutnya yang layak Anda coba adalah mengonsumsi makanan bergizi. Melansir Web MD, cobalah untuk mengisi menu sehat dengan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan asam folat.

Beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi itu adalah salmon, tuna, dan alpukat.

Baca Juga: 7 Manfaat petai bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui

Tentukan target

Saat depresi, Anda mungkin akan merasa kewalahan terhadap beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Supaya hal itu tak terus terjadi dan memperparah depresi, mulailah mengatur target-target sederhana.

Misalnya, Anda harus menyiram tanaman dan membersihkan meja kerja pada satu hari. Target yang berbeda bisa Anda tentukan untuk kemudian hari.

Semakin banyak kesuksesan yang Anda dapat dari mencapai target sederhana, diharap depresi bisa berkurang.

Selanjutnya: Paling ampuh obati asam lambung yang kumat, ini 3 obat herbal yang bisa dilirik

Editor: Belladina Biananda
Terbaru