4 Makanan penyebab vertigo yang perlu dihindari

Selasa, 29 September 2020 | 12:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Makanan penyebab vertigo yang perlu dihindari

ILUSTRASI. Anda perlu menghindari beberapa makanan penyebab vertigo.

KONTAN.CO.ID - Vertigo merupakan kondisi saat Anda merasa pusing dan lingkungan di sekitar terasa seperti berputar. Ada banyak hal yang bisa jadi pemicu vertigo.

Salah satunya adalah makanan yang Anda konsumsi. Menghindari makanan penyebab vertigo bisa jadi cara agar kesehatan tak semakin buruk.

Munculnya vertigo biasanya juga dibarengi dengan gejala lain. Mengutip dari Live Strong, beberapa gejala yang bisa Anda rasakan adalah keseimbangan tubuh terganggu, mual, muntah, sulit berkonsentrasi, dan detak jantung yang semakin cepat.

Berkonsultasi pada dokter merupakan cara yang tepat untuk mengobati vertigo. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menentukan sumber masalah dalam tubuh Anda.

Selain itu, mengubah jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari juga bisa jadi cara menyembuhkan vertigo. Berikut makanan dan minuman penyebab vertigo yang harus Anda hindari:

Baca Juga: Lima langkah sederhana meringankan vertigo saat mendadak menyerang

Kafein

Makanan penyebab vertigo pertama yang perlu Anda waspadai adalah kafein. Anda bisa menemukan kafein dalam kopi, teh, cokelat, atau soda.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Nutritional Neuroscience pada 2018, membatasi makanan-makanan itu bisa jadi cara meredakan vertigo.

Garam

Keju merupakan salah satu makanan penyebab vertigo yang perlu Anda hindari.

Melansir dari Live Strong, sodium adalah salah satu bahan yang memicu vertigo. Mengonsumsi terlalu banyak garam bisa menyebabkan tekanan dan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak garam adalah keju, makanan kaleng, dan popcorn.

Sebaiknya, konsumsi 1.500 hingga 2.000 mg garam tiap hari. Beberapa doter menyarankan jumlah yang lebih rendah, yaitu 1.000 hingga 1.500 garam tiap hari.

Anda bisa memiliki makanan rendah garam, seperti ikan atau daging. Agar rasanya tetap lezat, Anda bisa mengganti garam dengan rempah lain.

Baca Juga: 5 cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat

Alkohol

Munculnya vertigo juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol yang tak terkontrol. Alkohol menyebabkan dehidrasi sehingga berpengaruh pada pusat keseimbangan tubuh, yaitu telinga.

Wine atau anggur merah juga perlu Anda hindari karena bisa menyebabkan migrain.

Makanan penyebab inflamasi

Makanan yang menyebabkan inflamasi juga berpengaruh pada seberapa parah dan seberapa lama vertigo berlangsung. Live Strong menyebutkan, hindari gorengan, daging merah, atau margarin agar vertigo yang Anda alami tak semakin parah.

Selain menghindari makanan penyebab vertigo di atas, Anda juga perlu memperhatikan jumlah cairan tubuh. Menghindari dehidrasi bisa jadi cara mengurangi intensitas munculnya vertigo.

Usahakan untuk minum delapan hingga 12 gelas air putih tiap hari agar jumlah cairan tercukupi.

Selanjutnya: Terganggu karena vertigo? 5 Obat vertigo alami ini bisa jadi jawabannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru