4 Cara menghilangkan keloid, bisa pakai bahan alami

Selasa, 15 Desember 2020 | 07:51 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan keloid, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Bawang merah bisa jadi salah satu cara menghilangkan keloid.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keloid adalah penumpukan jaringan kulit yang terluka, tertusuk, atau terbakar. Setiap orang memiliki bentuk dan warna keloid yang berbeda-beda. Ada banyak cara menghilangkan keloid yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami.

Bawang Putih

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa bawang putih bisa mencegah masuknya beberapa jenis enzim masuk ke area luka. Artinya, penumpukan jaringan kulit yang membentuk keloid bisa dihindari.

Caranya, hancurkan dua hingga tiga butir bawang putih. Setelah itu, aplikasikan pada keloid lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air lalu oleskan pelembab kulit yang biasa Anda pakai. Hentikan pemakaian bahan alami tersebut jika kulit Anda terasa terbakar atau mengalami iritasi.

Madu

Cara menghilangkan keloid juga bisa Anda lakukan dengan memakai bahan alami yang mengandung antiinflamasi, salah satunya madu. Bahan alami ini cukup efektif mengatasi masalah kulit Anda dan tak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Baca Juga: 4 Penyebab jerawat di punggung ini perlu Anda hindari

Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, oleskan madu pada daerah kulit yang memiliki keloid. Setelah itu, diamkan dulu selama beberapa saat lalu bilas dengan air. Pastikan madu tak lengket atau menempel terlalu erat pada keloid, ya. Lakukan cara tersebut minimal dua kali sehari.

Bawang Merah

Bahan alami lain yang direkomendasikan Healthline untuk menghilangkan keloid adalah bawang merah. Menurut sebuah penelitian, kemampuan tersebut berasal dari quercetin dan flavonol dalam bawang merah yang berperan sebagai antioksidan.

Pertama, potong bawang merah menjadi beberapa bagian kecil lalu peras supaya Anda mendapat ekstraknya. Gunakan air perasan bawang merah pada keloid kemudian diamkan dulu hingga mengering sebelum dibilas. Anda bisa melakukan cara tersebut sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Masker jerawat terbaik yang bisa Anda buat dari bahan alami

Suntikan Steroid

Selain bahan-bahan alami di atas, cara menghilangkan keloid juga bisa dilakukan dengan memakai suntikan steroid. Namun, cara tersebut lebih efektif jika Anda menjalani perawatan keloid sebelumnya, seperti perawatan laser.

Meski demikian, Anda tidak boleh asal melakukan suntikan steroid. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya proses perawatan yang Anda lakukan bisa efektif dan memberikan hasil yang maksimal.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru