kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Masker jerawat terbaik yang bisa Anda buat dari bahan alami


Selasa, 08 Desember 2020 / 07:13 WIB
4 Masker jerawat terbaik yang bisa Anda buat dari bahan alami
ILUSTRASI. Madu jadi salah satu bahan yang bisa diolah menjadi masker jerawat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir semua orang pernah memiliki jerawat yang muncul di kulitnya. Masalah kulit itu muncul akibat bakteri yang berkontaminasi dengan kotoran penyumbat pori-pori. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk memakai masker jerawat yang bisa Anda buat dari bahan-bahan alami berikut ini.

Madu dan Kayu Manis

Madu mengandung antibakteri sehingga mampu mencegah pertumbuhan jerawat. Sedangkan kayu manis memiliki kandungan antiinflamasi yang bisa mengatasi peradangan akibat jerawat. Cara membuat masker dari bahan-bahan tersebut cukup mudah.

Pertama, campurkan 2 sdm madu dengan 1 sdt kayu manis lalu aduk hingga berbentuk pasta. Gunakan masker yang telah jadi pada kulit yang berjerawat dan diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Yogurt, Lidah Buaya, dan Almond

The Wellnest (humnutrition.com) mengatakan bahwa masker jerawat juga bisa terbuat dari lidah buaya, yogurt, dan kacang almond. Yogurt dan lidah buaya berperan sebagai antibakteri. Di sisi lain, kacang almond bertugas untuk membersihkan pori-pori.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bintik-bintik di wajah, bisa pakai bahan alami

Pertama, Anda perlu mencampurkan ¼ gelas yogurt, 3 sdm lidah buaya, 1 sdm minyak kelapa, dan 1 sdm kacang almond dalam sebuah wadah. Gunakan masker tersebut pada wajah yang telah dibersihkan selama 15 hingga 20 menit. Anda bisa membersihkannya dengan kain yang telah dibasahi air hangat.

Stroberi dan Jeruk Nipis

Stroberi bisa dimanfaatkan sebagai masker jerawat.

Masker jerawat juga bisa Anda buat dengan memakai stroberi dan jeruk nipis. Kedua bahan itu mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat karena mengandung antioksidan dan vitamin C. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit terlihat cerah.

Di sisi lain, jeruk nipis bermanfaat untuk membersihkan sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak berlebih. Caranya, hancurkan dua buah stroberi lalu campur dengan 1 sdm jeruk nipis. Aplikasikan pada wajah selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Mudah dan murah, inilah cara menghilangkan stretch mark berbahan alami

Yogurt dan Stroberi

Selain dengan jeruk nipis, The Wellnes mengatakan bahwa stroberi bisa dikombinasikan dengan yogurt untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Asam laktat dalam yogurt bermanfaat untuk membersihkan dan mengencangkan pori-pori serta menghidrasi kulit dengan baik.

Kandungan yang sama juga bisa ditemukan dalam stroberi. Masker jerawat ini bisa Anda buat dengan menghancurkan 2 buah stroberi terlebih dahulu kemudian campur dengan 2 sdm plain yogurt. Gunakan masker itu pada seluruh wajah selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: 4 Manfaat kulit pisang, bisa menghilangkan kerutan di wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×