Kecantikan & Kebugaran

4 Manfaat kulit pisang, bisa menghilangkan kerutan di wajah

Kamis, 03 Desember 2020 | 10:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat kulit pisang, bisa menghilangkan kerutan di wajah

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat kulit pisang yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti daging buahnya, kulit pisang mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk manusia. Manfaat kulit pisang berasal dari magnesium, vitamin B12, vitamin B6, dan potasium. Berikut ini kegunanaan-kegunaannya yang bisa Anda dapatkan.

Mengobati Jerawat

Hampir semua orang pernah memiliki jerawat di wajah. Masalah kulit itu timbul karena pori-pori yang tersumbat sebum, lalu berkontaminasi dengan bakteri penyebab jerawat. Hal itu bisa Anda atasi dengan memakai kulit pisang, lo.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, usapkan kulit pisang pada wajah atau jerawat di bagian tubuh lain selama lima menit. Lakukan cara tersebut setiap hari sampai jerawat hilang untuk mendapat hasil yang maksimal.

Mencerahkan Gigi

Kebersihan mulut yang tak terjaga bisa membuat gigi terlihat kuning. Hal itu tentu saja dapat mengganggu penampilan Anda. Hal tersebut bisa diatasi dengan berbagai cara. Mulai dari perawatan di dokter hingga memakai bahan alami.

Baca Juga: Ini manfaat daun dan buah jambu biji sebagai obat herbal

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan gigi adalah kulit pisang. Cara yang direkomendasikan Stylecraze (stylecraze.com) adalah dengan menggosokkan kulit pisang pada gigi setiap hari selama satu menit.

Menghilangkan Kerutan

Manfaat kulit pisang selanjutnya juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah. Kandungan nutrisi dalam kulit pisang berguna sebagai pelembab sehingga kulit menjadi terhidrasi dengan baik. Artinya, kerutan dan tanda penuaan lain juga bisa berkurang.

Pertama, Anda perlu menumbuk kulit pisang hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan kuning telur. Pakai campuran tersebut pada wajah dan diamkan dulu selama lima menit. Setelah itu, bilas sisa masker dengan air hingga bersih.

Baca Juga: Manfaat masker organik sesuai dengan masalah kulit Anda

Mengatasi Psoriasis

Manfaat kulit pisang lainnya bisa digunakan untuk mengatasi psoriasis.

Psoriasis merupakan salah satu penyakit di mana kulit mengalami peradangan. Hasilnya, muncul ruam dan kulit menjadi bersisik, kering, dan mudah terkelupas. Jika terus dibiarkan, kondisi tersebut bisa semakin parah.

Salah satu cara mengatasi psoriasis dengan bahan alami adalah memanfaatkan kulit pisang. Stylecraze mengatakan bahwa kulit pisang mampu melembabkan kulit sehingga mengurangi rasa gatal akibat psoriasis. Anda hanya perlu mengusapkan kulit pisang pada bagian kulit yang bermasalah.

Selanjutnya: 5 Jenis buah dan sayur penambah darah untuk mengatasi anemia

Editor: Belladina Biananda


Terbaru