Tips Sehat

Mudah dan murah, inilah cara menghilangkan stretch mark berbahan alami

Selasa, 03 November 2020 | 08:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dan murah, inilah cara menghilangkan stretch mark berbahan alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara menghilangkan stretch mark yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Stretch mark adalah kerutan dengan warna yang berbeda dari warna kulit asli. Biasanya, stretch mark muncul pada wanita yang baru saja melahirkan.

Namun, NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa stretch mark tak hanya muncul pada wanita yang baru saja melahirkan. Laki-laki pun bisa mengalami kondisi tersebut. Biasanya, kemunculan stretch mark disebabkan oleh berat badan yang bertambah dan berkurang secara signifikan.

Meski tak berbahaya, stretch mark perlu dihilangkan segera karena bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Beberapa bahan alami berikut ini bisa Anda coba untuk mengatasi hal tersebut.

Lidah Buaya

Tak hanya ampuh digunakan sebagai obat jerawat, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan stretch mark. Lidah buaya memiliki kandungan penyembuh yang mampu meningkatkan regenerasi jaringan kulit. Anda bisa menggunakan bahan alami ini setiap hari.

Baca Juga: Jangan percaya krim penghilang selulit

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau memakai gel yang dijual di pasaran. Oleskan gel pada area tubuh yang memiliki stretch mark lalu diamkan selama 20 hingga 30 menit hingga benar-benar meresap. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Timun dan Lemon

Mengutip dari NDTV Food, zat asam dalam lemon mampu menyembuhkan dan mengurangi luka. Sedangkan memberikan efek dingin sehingga kondisi kulit menjadi segar. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama, campurkan air lemon dan air timun dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, oleskan campuran pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark. Diamkan dulu selama 10 menit lalu bilas sisa campuran air lemon dan timun dengan air hangat.

Baca Juga: Selain harga skincare, ibu hamil harus pertimbangkan ini untuk memilih skincare

Minyak Kelapa dan Minyak Almond

Cara menghilangkan stretch mark juga bisa Anda lakukan dengan memakai minyak kelapa dan minyak almond. Anda perlu mencampurkan minyak kelapa dan minyak almond dengan perbandingan yang sama terlebih dahulu.

Setelah teraduk hingga rata, pijatkan pada area stretch mark. Anda perlu melakukan cara tersebut secara rutin agar hasilnya lebih maksimal dan lebih cepat terlihat.

Selanjutnya: Enam perubahan fisik saat hamil

Editor: Belladina Biananda
Terbaru