kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda coba


Senin, 14 Desember 2020 / 10:29 WIB
4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda coba
ILUSTRASI. Cara menghilangkan kerutan di bawah mata bisa dilakukan dengan beberapa cara.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kerutan merupakan salah satu tanda penuaan yang normal dialami oleh banyak orang, apalagi di area bawah mata. Daerah tersebut mengandung sedikit minyak sehingga lebih mudah kering. Berikut ini cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang perlu Anda coba.

Perhatikan Konsumsi Makanan

Mengonsumsi makanan bergizi tak hanya penting untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali kondisi kulit Anda. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

Mengutip dari Celluma (celluma.com), cara menghilangkan kerutan di bawah mata bisa dilakukan dengan mengonsumsi alpukat, lemak ikan, biji-bijian, kacang, sayur, buah, dan cokelat hitam. Dengan mengonsumsi sumber makanan itu, kebutuhan vitamin A, E, K, C, D, protein, dan folat bisa tercukupi.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Sinar UVA dan UVB dari matahari dapat menimbulkan masalah pada kulit Anda, salah satunya adalah munculnya garis halus dan kerutan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan wajah kusam dengan bahan alami

Mulai dari menggunakan kaca mata hitam hingga memakai sunscreen. Jika Anda melakukan kegiatan di luar ruangan dalam jangka waktu lama, jangan lupa untuk memakai sunscreen tiap beberapa jam sekali. Selain itu, pastikan pula untuk memakai pakaian yang tertutup untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok jadi salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata.

Celluma mengatakan bahwa zat racun yang keluar dari asap rokok berpengaruh pada kolagen dan elastin sehingga elastisitas kulit menjadi terganggu. Hal itu disebabkan karena asap rokok membuat pembuluh darah mengerut.

Artinya, aliran darah dan kemampuan pembuluh darah untuk mendistribusikan nutrisi serta oksigen ke seluruh sel tubuh menjadi terganggu. Jika hal itu terjadi, kerutan dan tanda penuaan lainnya muncul di kulit Anda.

Selain menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, merokok juga bisa menyebabkan perubahan warna kulit karena kulit kekurangan oksigen. Maka dari itu, usahakan untuk menghindari rokok. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: 4 Manfaat kulit pisang, bisa menghilangkan kerutan di wajah

Pakai Produk Perawatan Kulit

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata selanjutnya juga bisa Anda lakukan dengan memakai produk perawatan kulit tertentu. Pertama, bersihkan sisa make up sebelum tidur. Kedua, gunakan serum yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Serum bermanfaat untuk menutrisi sel dan menjaga kelembaban kulit. Ketiga, gunakan retinol yang bisa menstimulasi metabolisme sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu, kerutan bisa hilang dan kulit terlihat lebih lembut dan sehat.

Selanjutnya: Resep wajah kinclong pakai masker organik, ini manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×