Kesehatan Umum

4 Penyebab jerawat di punggung ini perlu Anda hindari

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab jerawat di punggung ini perlu Anda hindari

ILUSTRASI. Salah satu penyebab jerawat di punggung adalah memakai baju yang terlalu ketat./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/11/07/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada dasarnya, penyebab jerawat di punggung sama dengan jerawat yang muncul di wajah, yaitu kombinasi antara minyak berlebih, penumpukan sel kulit mati, dan pertumbuhan bakteri. Ketiga hal itu masih bisa diperparah karena faktor-faktor berikut ini.

Produk Perawatan Rambut dan Tubuh

Faktor pertama yang mungkin tak Anda sadari dapat menyebabkan jerawat punggung adalah produk perawatan rambut dan tubuh Anda. Bahan dasar produk-produk perawatan tersebut dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Saat mencuci rambut menggunakan sampo dan kondisioner, usahakan untuk membersihkannya secara menyeluruh. Selain itu, Insider (insider.com) merekomendasikan Anda untuk memakai produk perawatan dengan label bebas minyak, nonkomedogenik, dan non-acnegenic.

Tidak Langsung Mandi Setelah Olahraga

Penyebab jerawat di punggung juga bisa dikarenakan kebiasaan Anda menunda jadwal mandi setelah melakukan olahraga atau aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit terlalu lama bisa menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Coba cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi ini, yuk

Maka dari itu, usahakan langsung membersihkan diri setelah olahraga. Jika kondisi tidak memungkinkan Anda untuk mandi, cobalah untuk meminimalisasi kemungkinan munculnya jerawat dengan mengelap keringat dan mengganti baju.

Baju yang Terlalu Ketat

Mengutip dari Insider, baju ketat akan meningkatkan gesekan dan kelembaban kulit sehingga jerawat muncul di punggung Anda. Saat kulit mengalami gesekan, permukaan kulit akan terganggu sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Penyumbatan pori-pori itulah yang menimbulkan inflamasi sehingga jerawat muncul. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk memakai baju yang lebih longgar. Selain itu, usahakan untuk tidak membawa tas punggung yang terlalu berat dalam jangka waktu lama karena bisa meningkatkan risiko gesekan kulit.

Jenis Makanan Tertentu

Penyebab jerawat di punggung selanjutnya bisa berasal dari makanan yang sering Anda konsumsi. Salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat adalah makanan berkarbohidrat yang memiliki jumlah indeks glikemik tinggi.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan wajah kusam dengan bahan alami

Jenis makanan tersebut mampu meningkatkan jumlah gula darah sehingga jerawat menjadi muncul lebih mudah. Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan dengan jumlah indeks glikemik rendah, seperti sayur, kacang, atau biji-bijian.

Selain makanan berkarbohidrat, produk olahan susu juga dapat menimbulkan jerawat di punggung. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan hal ini.

Selanjutnya: 4 Masker jerawat terbaik yang bisa Anda buat dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru