4 buah yang mengandung protein, bisa jadi pelengkap kebutuhan nutrisi

Jumat, 14 Agustus 2020 | 10:19 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 buah yang mengandung protein, bisa jadi pelengkap kebutuhan nutrisi

ILUSTRASI. Nangka jadi salah satu buah yang mengandung protein.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Protein adalah salah satu nutrisi dalam tubuh yang harus selalu dicukupi. Biasanya, sumber protein berasal dari daging ayam, ikan, kalkun, tahu, atau telur. Namun, tahukan Anda bahwa buah yang mengandung protein juga bisa dijadikan pilihan?

Buah yang mengandung protein tidak banyak diketahui karena memang tidak memenuhi persyaratan. Melansir dari Men’s Health, makanan bisa jadi sumber protein yang baik jika memiliki lebih dari 6 g protein.

Baca Juga: Tertarik dengan minuman kolagen? Cek dulu fakta ini

Buah, sayur, dan biji-bijian memang memberikan protein, tapi jumlahnya sedikit. Sumber makanan ini justru menyediakan lebih banyak macronutrient, seperti karbo atau lemak. Karbohidrat membuat tubuh berenergi dan membantu sistesis protein.

Tubuh jadi bisa membagi protein untuk pertumbuhan otot karena bantuan karbohidrat tersebut. Men’s Health menyebutkan ada beberapa buah dengan jumlah protein yang cukup tinggi.

  • Nangka

Nangka adalah buah yang mengandung protein. Buah ini kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk metabolisme protein. Namun, Men’s Health mengingatkan untuk tidak menggunakan nagka sebagai satu-satunya sumber protein, ya.

  • Ceri Kering

Ceri kering jadi buah yang mengandung protein sebanyak 1 g untuk ¼ porsi. Pada ulasan kandungan nutri yang dilakukan pada 2018, ceri memiliki kemampuan untuk mengurangi inflamasi dan artritis. Ceri juga bisa mengobati sakit otot dan membuat tidur jadi lebih berkualitas.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan alami yang aman dilakukan

  • Jambu Biji

Jambu Biji jadi salah satu buah yang mengandung protein cukup tinggi. Jambu biji menyediakan 2.11 g protein dalam setengah porsi. Buah ini memiliki jumlah antioksidan yang banyak dan kaya akan serat. Anda bisa mencampurkan jambu biji dengan sumber protein lain, seperti yogurt, bubuk protein, atau keju.

  • Apricot

Apricot jadi buah selanjutnya yang mengandung protein. Dari ¼ porsi penyajian, Anda bisa mendapatkan 1.1 g protein. Apricot memiliki kandungan potasium, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi dari karotenoid.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru