Manfaat susu kurma yang orang jarang tahu

Minggu, 19 Juli 2020 | 16:16 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Manfaat susu kurma yang orang jarang tahu

ILUSTRASI. Tak hanya dimakan langsung, kurma juga bisa dijadikan bahan dasar resep susu kurma. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Buah kurma rupanya banyak mengandung manfaat bagi tubuh. Selain dimakan langsung, kurma juga bisa diolah menjadi hidangan lainnya atau dibuat susu kurma. Manfaat susu yang beragam akan semakin lengkap dengan kehadiran kurma.

Dilansir dari food.ndtv.com, kurma memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Kurma bisa untuk mengatasi sembelit atau masalah sistem pencernaan lainnya. Mineral yang terkandung dalam kurma juga sangat penting untuk menguatkan tulang. Tak hanya itu, kurma juga bermanfaat mengobati alergi, meningkatkan energi, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengatasi diare.

Nah, jika Anda membuat susu kurma, manfaat susu tidak ketinggalan untuk Anda dapatkan. Manfaat susu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Ada banyak vitamin, mineral, protein, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini yang harus orangtua lakukan saat bayi mau tumbuh gigi

Mengutip dari healthline.com, susu sapi memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu lainnya. Tak hanya itu, antioksidan dalam susu sapi juga menjadi manfaat susu yang lain karena bisa berfungsi sebagai antiinflamasi dan menurunkan stres.

Manfaat susu juga bisa dirasakan oleh kesehatan tulang. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan kalsium, vitamin D, fosfor, dan magnesium. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi susu dan produk lain yang terbuat dari susu bisa mencegah tubuh mengalami osteoporosis.

Resep susu kurma

Dilansir dari hebbarskitchen.com, resep susu kurma sangat mudah untuk Anda lakukan. Pertama, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya, yaitu 10 buah kurma (buang bijinya), 3 gelas susu, ¼ sendok teh bubuk kayu manis.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk membuat resep susu kurma adalah dengan meletakkan 10 buah kurma dalam blender. Jangan lupa untuk membuang biji kurma terlebih dahulu. 

Setelah itu, tambahkan 3 gelas susu dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis. Untuk rasa yang lebih lezat, Anda bisa menambahkan es krim atau es batu. Kemudian, Anda bisa memblender bahan-bahan tersebut.

Setelah itu, resep susu kurma siap untuk dihidangkan. Untuk mempercantik tampilan resep susu kurma, Anda bisa menambahkan potongan kurma di atas susu yang sudah jadi.

Baca Juga: Manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan, para penggemar setia kopi wajib tahu

Editor: Belladina Biananda


Terbaru