Kesehatan Anak

Ini yang harus orangtua lakukan saat bayi mau tumbuh gigi

Sabtu, 11 Juli 2020 | 15:39 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ini yang harus orangtua lakukan saat bayi mau tumbuh gigi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memberikan perawatan terbaik untuk anak adalah hal yang harus dilakukan oleh tiap orangtua. Salah satu bagian tubuh bayi yang perlu diberi perhatian lebih adalah gigi, apalagi saat tanda bayi mau tumbuh gigi.

Ada beberapa tanda bayi mau tumbuh gigi. Pertama, bayi menjadi lebih rewel dan nafsu makan menurun. Hal itu disebabkan karena rasa nyeri yang dirasakan bayi akibat gigi yang mau tumbuh. Tanda bayi mau tumbuh gigi juga ditunjukkan dengan kebiasaan memasukkan tangan ke dalam mulut.

Baca Juga: Agar produksi ASI melimpah, ini lima buah yang wajib dikonsumsi

Dilansir dari webmd.com, tanda bayi mau tumbuh gigi harus diperhatikan oleh orangtua. Hal itu dilakukan agar perawatan bisa dilakukan dengan maksimal. Gigi yang tumbuh pertama kali pada bayi memegang peranan penting saat sudah dewasa. Jika tidak terawat, bayi akan kesulitan untuk mengunyah makanan dan sulit berbicara.

Cara Perawatan

Saat tanda bayi mau tumbuh gigi muncul, Anda harus lebih ekstra merawat gusi bayi. Webmd.com menjelaskan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Pertama, siapkan lap dengan bahan yang lembut. Setelah lap disiapkan, gunakan lap tersebut untuk membersihkan gusi bayi.

Basahi lap dengan air biasa saja. Anda tidak perlu menggunakan pasta gigi. Lakukan hal tersebut sebanyak dua kali dalam satu hari. Frekuensi mengelap gusi bayi juga bisa ditambah saat selesai makan dan sebelum tidur.

Baca Juga: Jus buah bisa memicu masalah kesehatan anak, benarkah?

Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan bakteri dan mencegahnya agar tidak menempel pada gusi bayi. Jika Anda tidak terbiasa melakukan ini saat tanda bayi mau tumbuh gigi muncul, pertumbuhan gigi nantinya akan terganggu.

Tanda bayi mau tumbuh gigi terus berlanjut sampai gigi susu pertama muncul. Saat gigi susu pertama muncul, Anda bisa mulai memakai sikat gigi. Webmd.com menyarankan untuk memakai sikat gigi dengan kepala kecil dan bulu sikat yang lembut. Gunakan pasta gigi yang tidak terlalu banyak atau secukupnya saja.

Agar gigi bayi tumbuh dengan sehat, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak. Masih dari laman yang sama, webmd.com menyebut minuman seperti jus buah, soda, dan minuman manis lainnya tidak disarankan untuk diminum terlalu sering. Bahkan, minum susu formula juga harus dibatasi karena jika tidak akan menempel pada gigi.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru