Kesehatan Anak

Agar bayi pintar, ini kebiasaan baik orang tua yang perlu dilakukan

Selasa, 07 Juli 2020 | 10:44 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Agar bayi pintar, ini kebiasaan baik orang tua yang perlu dilakukan

ILUSTRASI. Orangtua akan senang bila bayi pintar. Maka dari itu, perlu dilakukan beberapa kebiasaan baik untuk menstimulus tumbuh-kembang bayi. (Foto: Romrodphoto/Shutterstock)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki bayi pintar adalah dambaan semua orangtua. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memiliki bayi pintar. Mulai dari memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi, hingga melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang bermanfaat untuk tumbuh-kembangnya.

Bayi pintar bisa memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik karena peran orangtuanya. Beberapa hal di bawah ini bisa Anda jadikan referensi untuk membuat bayi Anda menjadi lebih pintar.

Baca Juga: Tips untuk ibu menyusui, inilah makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi

Memainkan Ekspresi

Membuat mimik wajah yang ekspresif tidak dilakukan hanya untuk membuat bayi terhibur, lo. Dilansir dari livescience.com, memperlihatkan ekspresi yang variatif dan berlebihan kepada bayi akan menstimulus emosi dalam diri bayi.

Dari laman yang sama, Alison Gopnik, penulis “The Philosophical Baby”, mengatakan bahwa ekspresi wajah yang dilihat bayi akan memenuhi kebutuhannya untuk memahami cara berkomunikasi menggunakan emosi. Bayi akan lebih mudah untuk meniru espresi yang diperlihatkan oleh orangtua atau orang lain di sekitarnya.

Baca Juga: Tips untuk orangtua yang ingin memberikan pendidikan seks usia dini

Membacakan Buku

Bukan rahasia lagi bahwa membacakan buku bisa membuat anak menjadi lebih pintar. Anda bisa melakukan kebiasaan membaca buku sejak anak-anak masih bayi. Dengan kebiasaan ini, bayi bisa lebih banyak mengetahui perbendaharaan kata.

Pastikan untuk memilih buku cerita yang sesuai dengan usianya, ya. Sudah ada banyak sekali buku cerita menarik dan edukatif yang bisa Anda beli di toko buku.

Berbicara Pada Bayi

Tak hanya membacakan buku, bayi pintar juga bisa memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak jika orangtua selalu mengajaknya untuk bercerita. Anda bisa membawa anak Anda ke tempat baru. Ceritakan semua hal yang ada di sana agar otaknya terbiasa memproses kata-kata baru.

Ketika dibiasakan dengan membaca buku dan diajak berbicara, tak membutuhkan waktu lama bagi bayi pintar untuk meraban atau biasa dikenal dengan istilah babbling. Meraban menjadi tanda bahwa bayi tertarik dengan suatu hal dan siap untuk belajar hal baru.

Jadi, kalau Anda ingin memiliki bayi yang lebih pintar dari hari ke hari, tidak ada salahnya untuk membiasakan hal-hal yang sudah dijelaskan.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru