Kecantikan & Kebugaran

4 Bahan memutihkan wajah secara alami, plus cara pakainya

Rabu, 16 September 2020 | 11:25 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Bahan memutihkan wajah secara alami, plus cara pakainya

ILUSTRASI. Cara memutihkan wajah secara alami bisa menggunakan beberapa bahan, salah satunya adalah pepaya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang mendambakan kulit wajah cerah. Jika Anda salah satunya, cara memutihkan wajah secara alami ini bisa Anda coba. Bahan-bahan yang digunakan dan cara membuatnya cukup mudah dilakukan.

Air Lemon

Mengutip dari Biomedical News and health, air lemon adalah salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk mencerahkan wajah dan mengatasi masalah kulit lainnya. Asam sitrat dalam air lemon bermanfaat untuk memutihkan wajah dan membersihkan sel kulit mati yang menumpuk.

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memeras lemon untuk mendapat airnya. Setelah wajah dibersihkan, aplikasikan air lemon itu pada wajah. Anda bisa menggunakan kapas agar kebersihannya terjaga. Jika Anda memutuskan pakai tangan, pastikan agar tangan Anda bersih, ya.

Air lemon yang asam bisa saja membuat kulit iritasi. Jadi, coba aplikasikan air lemon di kulit belakang telinga terlebih dahulu sebagai uji coba.

Baca Juga: Cara memutihkan ketiak hitam, bisa pakai bahan alami, lo

Aloe Vera, Madu, dan Air Lemon

Cara memutihkan wajah secara alami juga bisa Anda lakukan dengan mengkombinasikan tiga bahan, yaitu aloe vera atau lidah buaya, madu, dan air lemon. Caranya adalah dengan membuat masker berbentuk pasta.

Aplikasikan masker tersebut pada wajah lalu diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bersihkan masker menggunakan air hangat. Anda bisa menggunakan cara ini beberapa kali selama tiga hingga empat minggu untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Yogurt

Selain dicampurkan dengan aloe vera dan lemon, madu juga cocok dikombinasikan dengan yogurt, lo. Biomedical Health and News mengatakan, yogurt mengandung enzim yang dapat mencerahkan wajah. Sedangkan madu bermanfaat sebagai pelembab dan antibakteri.

Baca Juga: 4 Pelembab wajah untuk kulit kering dari bahan alami

Setelah mencampurkan yogurt dan madu, diamkan dulu selama lima menit. Setelah itu, gunakan masker dari dua bahan alami itu pada wajah selama 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Pepaya

Cara memutihkan wajah secara alami juga bisa menggunakan pepaya. Buah ini mengandung enzim papain yang berfungsi mencerahkan kulit. Selain itu, pepaya juga bermanfaat sebagai exfoliator alami dan mengobati jerawat.

Pertama, tumbuk pepaya hingga berbentuk pasta lembut. Setelah itu, gunakan sebagai masker wajah selama 20 menit lalu cuci dengan air hangat. Biomedical News and Health mengatakan bahwa Anda bisa menggunakan masker ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil maksimal.

Selanjutnya: Ingin tahu cara memutihkan kulit? Pakai 4 bahan alami ini!

Editor: Belladina Biananda


Terbaru