Kecantikan & Kebugaran

4 Bahan alami untuk menghilangkan bruntusan di pipi

Senin, 01 Februari 2021 | 08:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami untuk menghilangkan bruntusan di pipi

ILUSTRASI. Bruntusan di pipi bisa dihilangkan dengan anggur dan bahan alami lainnya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang adalah beruntusan. Masalah tersebut bisa muncul di berbagai area kulit, salah satunya adalah di pipi. Ada banyak cara mengatasi bruntusan di pipi, termasuk memanfaatkan bahan-bahan alami.

Sebenarnya, ada banyak produk perawatan wajah yang dijual di pasaran untuk mengatasi beruntusan. Meski demikian, ada beberapa efek samping yang bisa Anda alami. Mulai dari iritasi, kulit menjadi kering dan kemerahan, serta memperparah beruntusan yang sudah ada.

Maka dari itu, cobalah untuk memakai bahan alami yang ada di sekitar Anda. Mulai dari madu, timun, dan lain-lain. Dengan begitu, kulit wajah Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah kulit.

Anggur

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), anggur bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti beruntusan. Resveratrol yang terdapat di kulit anggur merah dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, potong dua hingga tiga buah anggur menjadi dua bagian. Setelah itu, gosokkan daging buah anggur pada kulit wajah dan leher. Selanjutnya, bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini perlu Anda coba

Timun

Tahukah Anda bahwa memakai timun bisa jadi cara menghilangkan bruntusan di pipi? Kandungan dalam timun berfungsi untuk menenangkan kulit, mengatasi rasa sakit, dan mengurangi peradangan yang berhubungan dengan jerawat dan beruntusan.

Caranya, campur satu timun kecil dengan oatmeal hingga berbentuk pasta. Setelah itu, campur 1 sdt pasta timun yang telah Anda buat dengan 1 sdt yogurt. Gunakan campuran itu pada wajah selama 30 menit, kemudian bilas dengan air.

Madu

Bruntusan di pipi bisa dihilangkan dengan beberapa cara, salah satunya dengan madu.

Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat, termasuk mengatasi beruntusan yang muncul di kulit Anda. Everyday Health mengatakan bahwa madu mampu menghalangi pertumbuhan bakteri sehingga jerawat pun bisa dihindari.

Pertama, cuci wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan madu pada wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Wajib coba, inilah 3 cara menghilangkan bruntusan di wajah

Oatmeal

Oatmeal mampu menghilangkan bruntusan di pipi karena mengandung antiinflamasi. Kandungan itu dapat menenangkan kulit dan mengatasi iritasi yang muncul. Selain itu, oatmeal juga bisa melindungi kulit dengan menghidrasinya dengan baik.

Anda perlu mencampur 2 sdm oatmeal dengan 1 sdm baking soda dan sedikit air hingga berbentuk pasta. Gunakan pasta tersebut pada wajah lalu gosok secara perlahan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Selanjutnya: 4 Pilihan skincare untuk kulit berminyak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru