kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Buah yang Efektif Melumpuhkan Kolesterol Jahat pada Penderita Diabetes


Selasa, 28 Maret 2023 / 14:20 WIB
3 Buah yang Efektif Melumpuhkan Kolesterol Jahat pada Penderita Diabetes


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita diabetes umumnya juga menderita kolesterol tinggi. Ini 3 buah yang bisa menurunkan kolesterol tinggi pada penderita diabetes. 

Kolesterol dan metabolisme gula darah memiliki hubungan yang tidak terpisahkan.

Baca Juga: Mencegah Penyakit Kronis, Ini 6 Manfaat Jagung Manis yang Kaya Antioksidan  

Mengutip dari Healthline, gula darah tinggi menimbulkan risiko kolesterol yang lebih tinggi yang akhirnya bermanifestasi sebagai dislipidemia diabetik. 

Displipidemia diabetik terjadi ketika seseorang menderita diabetes bersamaan dengan peningkatan trigliserida, kadar HDL rendah, dan kadar kolesterol jahat yang tinggi. 

Perlu Anda ketahui sekitar 70% penderita diabetes tipe 2 menderita dislipidemia diabetik. 

Sebaliknya, kadar kolesterol tinggi membuat seseorang lebih berisiko menderita pradiabetes dan diabetes tipe 2. 

Kadar trigliserida tinggi dan kadar HDL rendah bisa menyebabkan gula darah tinggi. 

Buah menurunkan kolesterol dan gula darah tinggi 

1. Apel 

Mengutip dari Kompas.com, kandungan pektin dalam apel bisa membantu menurunkan kolesterol dengan cara menyerap lemak dan kolesterol kemudian mengeluarkannya melalui feses. 

Selain itu, apel merupakan buah yang baik dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

2. Alpukat 

Alpukat merupakan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 sebab tidak memicu lonjakan gula darah. 

Selain itu, alpukat juga mengandung serat dan lemak sehat yang bisa mendukung penurunan berat badan. Asal tahu saja, menurunkan berat badan bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko komplikasi penyakit. 

Sedangkan, kandungan lemak sehat dalam alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

3. Buah pir 

Buah pir merupakan makanan yang ramah bagi penderita diabetes. 

Kandungan antioksidan dalam buah pir membantu mengurangi kekauan pada jaringan jantung, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik. 

Selain mengonsumsi buah-buahan tersebut, Anda sebaiknya menjalankan gaya hidup sehat agar kadar kolesterol dan gula darah terkontrol. 

Baca Juga: Menurunkan Tekanan Darah Tinggi,Ini Manfaat Mentimun yang Segar dan Kaya Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×