kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dari Kemenkes, Bisa Turunkan Kolesterol Jahat


Kamis, 09 Maret 2023 / 04:29 WIB
5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dari Kemenkes, Bisa Turunkan Kolesterol Jahat
ILUSTRASI. Manfaat buah Alpukat guna menunjang kesehatan tubuh tidak diragukan.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Buah alpukat sangat digemari karena rasanya yang enak. Tapi, tahukah Anda, buah alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh? 

Melansir laman Kemkes.go.id, alpukat (persea americana) merupakan salah satu buah lokal yang banyak dikembangkan di Indonesia. 

Manfaat buah Alpukat guna menunjang kesehatan tubuh tidak diragukan. Berbagai manfaat diperoleh dari kandungan nutrisi dalam buah Alpukat. Tidak hanya sekedar nutrisi lengkap, rasa buah Alpukat
yang lezat tepat dikonsumsi atau diolah menjadi minuman segar. 

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang disebut lemak baik. Buah ini mengandung serat, karbohidrat, protein yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. 

Buah dengan rasa unik ini memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan yakni :

Baca Juga: Bisa Meredakan Nyeri Sendi, Ini Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan

1. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Selain serat dan lemak yang baik, buah Alpukat juga terdapat kandungan kalium. Jenis mineral ini bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Kalium juga sangat baik untuk membantu mengatur detak jantung agar tetap normal.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah Alpukat lain yaitu membantu menjaga kesehatan mata, karena kandungan antioksidan jenis zeaxanthin dan lutein di dalamnya. Rutin mengonsumsi buah Alpukat dalam jumlah yang cukup / tidak berlebihan, dapat membantu menurunkan risiko masalah kesehatan penglihatan pada usia senja.

3. Membantu menjaga kesehatan jantung

Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi dan menyehatkan. Kandungan mineral, protein, serat, lemak sehat, dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi buah Alpukat dapat membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol jahat atau LDL yang terlalu tinggi tidak baik karena dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah di jantung sehingga meningkatkan risiko terjadi masalah kesehatan jantung.

Baca Juga: Bisa Turunkan Risiko Kanker, Ini Ragam Kegunaan Buah Kecapi untuk Tubuh




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×