kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sehat dan Kaya Nutrisi! ini Makanan yang Efektif Melumpuhkan Kolesterol Jahat


Jumat, 17 Maret 2023 / 10:05 WIB
Sehat dan Kaya Nutrisi! ini Makanan yang Efektif Melumpuhkan Kolesterol Jahat


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Makanan bisa mempengaruhi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini makanan sehat yang efektif menurunkan kolesterol jahat. 

Kadar kolesterol jahat alias Low Density Lipoprotein (LDL) dalam tubuh harus dijaga tetap rendah. 

Baca Juga: Segar dan Enak! 3 Jus Ini Bisa Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi

Sebab, kadar kolesterol jahat yang tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung.

Untuk Anda yang terlanjur menderita kolesterol tinggi sebaiknya mulai merubah gaya hidup serta menjaga pola makan. 

Diet dan gaya hidup sehat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Berikut makanan yang efektif menurunkan kolesterol jahat: 

1. Oat 

Mengutip dari Harvard Health Publishing, Oat mengandung serat larut yang berperan untuk mengelola dan menurunkan kadar kolesterol. 

Anda sebaiknya mengonsumsi oat saat sarapan. Anda bisa menambahkan buah-buahan untuk menambah rasa. 

2. Barley dan biji-bijian utuh 

Seperti gandum dan dedak gandum, biji-bijian bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. 

Sebab, makanan tersebut mengandung serat larut. 

3. Kacang 

Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kacang almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk kesehatan jantung. 

Makan 2 ons kacang sehari bisa menurunkan kolesterol jahat sekitar 5%. 

Kandungan nutrisi kacang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

4. Terong dan okra 

Kedua sayuran ini rendah kalori dan menjadi sumber serat larut yang baik. 

5. Apel, anggur, stroberi, jeruk 

Buah-buahan ini kaya akan pektin yang bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi. 

Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda sebaiknya olahraga secara rutin, mengelola stres, hindari rokok dan alkohol, serta tidur cukup. Hal tersebut efekktif membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Rendah Kalori dan Tinggi Serat, 7 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×