kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin


Selasa, 21 Februari 2023 / 11:40 WIB
15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin
ILUSTRASI. Manfaat kunyit untuk kesehatan sebagai jamu dan obat tradisional.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kunyit adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberaceae. Manfaat kunyit untuk kesehatan sebagai jamu dan obat tradisional.

Senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah kurkuminoid dan minyak atsiri. Karena kandungannya tersebut, beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan antara lain sebagai antioksidan, anti-tumor, anti-kanker, anti-mikroba, dan anti-racun. 

Baca Juga: 11 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Wanita yang Sudah Terbukti

Selain itu, secara tradisional manfaat kunyit juga digunakan oleh masyarakat di berbagai negara untuk mengobati berbagai penyakit. Di antaranya mikroba parasit, gigitan serangga, cacar, sakit perut (diare, sembelit, kembung), gangguan asma, serta menghilangkan gatal. 

Selain itu, manfaat kunyit untuk kesehatan yang telah dikenal untuk merawat kulit dan membantu menyembuhkan luka. Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas. 

Lantas, apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan? 

Baca Juga: Asam Lambung Kumat, Lakukan 4 Langkah Penyelamatan Pertama Ini

15 Manfaat kunyit untuk kesehatan 

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang populer adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), berikut adalah sejumlah manfaat kunyit untuk kesehatan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang populer adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh serta melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

Baca Juga: 5 Obat Gusi Bengkak Alami yang Mudah Dibuat Sendiri

2. Mengobati radang  

Manfaat kunyit untuk kesehatan salah satunya adalah mengobati radang. Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. 

Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg). Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh.

Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan dapat meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

Baca Juga: Selain Obat Apotik, Ini Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

3. Mengurangi rasa mual

Mengurangi rasa mual menjadi salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan. Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. 

Dengan mengonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual. Hasil akan lebih maksimal dan cepat dalam mengatasi mual jika ditambahkan lada hitam karena adanya kandungan piperin yang mempercepat proses kinerja.

Baca Juga: 9 Bahan Alami yang Bikin Kolesterol Tak Berkutik, Cek Juga Vitamin Lainnya

4. Mengatasi perut yang kembung

Mengatasi perut kembung juga menjadi salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan. 

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perut. Nah, salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan adalah mengatasi perut kembung. 

Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

Baca Juga: Catat Ya! 7 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

5. Mengurangi nyeri saat haid

Selanjutnya, manfaat kunyit untuk kesehatan rahim adalah mengurangi nyeri saat haid. Sebab, kandungan kurkumin kunyit dapat melemaskan kontraksi rahim. 

Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim. Serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

Baca Juga: Selain Jahe, Ini Obat Asam Urat Alami yang Mudah Didapat

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan adalah bisa mengobati metastasis kanker.

6. Mengobati metastasis kanker

Kemudian, manfaat kunyit putih untuk kesehatan adalah bisa mengobati metastasis kanker. Manfaat kunyit putih ini untuk kanker rahim, usus besar, dan payudara.

Hal ini disebabkan adanya kandungan kurkumin yang dapat membasmi sel tumor ganas penyebab kanker serta menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

Baca Juga: Cek Yuk 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

7. Obat alergi

Kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi. Sehingga, manfaat kunyit untuk kesehatan dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

Dua kandungan tersebut menghambat aktivitas protein berlebihan pada tubuh yang dapat mencegah lepasnya zat histamin. Zat histamin dan protein yang berlebihan dapat membuat reaksi alergi muncul pada kulit.

Baca Juga: Menarik Dicoba! 3 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

8. Menangkal bakteri jahat

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah menangkal bakteri jahat. Minum larutan kunyit hangat dapat membantu meredakan keracunan makanan akibat bakteri jahat. 

Bukan hanya itu, manfaat kunyit juga bisa melawan bakteri jahat lainnya yang menyerang mulut dan organ intim wanita.

Baca Juga: 10 Obat Asam Urat Alami Herbal, Salah Satunya Jahe

9. Penawar racun

Sebuah studi juga menyebutkan bahwa manfaat kunyit bisa digunakan untuk pertolongan pertama pada gigitan ular.

Sebab, kunyit mampu menghambat aktivitas bisa ular pada darah, menghentikan penyebaran ke seluruh tubuh, dan mengurangi pembengkakan.

Baca Juga: 12 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Batuk

10. Mengobati maag

Penderita maag juga bisa mencoba minum larutan kunyit secara rutin. Sebab, manfaat kunyit untuk kesehatan dapat membantu mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag.

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

Baca Juga: Asam Urat Pergi Jauh, Ini Segudang Manfaat Terung Pipit untuk Kesehatan

Kandungan kurkumin membuat manfaat kunyit dapat menurunkan kadar glukosa pada darah.

11. Menstabilkan kadar gula darah

Kemudian, penderita diabetes juga dapat mencoba mengonsumsi kunyit secara teratur untuk mengendalikan gula darah agar stabil. Kandungan kurkumin membuat manfaat kunyit dapat menurunkan kadar glukosa pada darah.

Selain itu, kunyit juga dapat meningkatkan insulin dan mebuat gejala diabetes jadi lebih mudah ditangani.

Baca Juga: Apa Itu Alergi Makanan? Kenali Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

12. Meredakan peradangan usus

Peradangan usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Jika peradangan usus didiamkan akan membuat kontraksi usus yang mengakibatkan diare kronis.

Nah, manfaat kunyit untuk kesehatan yakni dapat mengurangi intensitas sakit pada perut yang disebabkan oleh peradangan usus. Hal itu lantaran kunyit mengandung antioksidan dan kurkumin yang melancarkan kinerja otot pencernaan.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami, Catat Ya!

13. Melawan infeksi

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah untuk melawan infeksi pada tubuh. Kandungan kunyit putih dapat melawan berkembangnya jamur dan bakteri pada tubuh.

Sehingga, manfaat kunyit putih membantu menyembuhkan keracunan makanan, infeksi kulit, infeksi jamur penyebab sariawan, dan juga infeksi jamur pada area kewanitaan.

Kunyit juga bermanfaat untuk menghilangkan bakteri pada mulut penyebab bau mulut.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Diare, Salah Satunya Daun Sirih

14. Membantu menurunkan berat badan

Selain membantu memperkuat imun dan mengatasi infeksi, mengonsumsi air kunyit juga bisa menjaga bentuk tubuh atau menurunkan berat badan. Namun, manfaat kunyit untuk kesehatan tersebut dapat maksimal jika dikombinasikan sari kunyit dengan asam Jawa.

Baca Juga: Selain Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ini Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

15. Merawat hati

Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kunyit bisa mencegah organ hati dari kerusakan dan menjaganya tetap sehat. Sehingga, manfaat kunyit untuk kesehatan adalah membantu merawat organ hati.

Nah, berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan di atas bisa didapatkan dengan mengonsumsi larutan kunyit secara rutin.

Ada baiknya, untuk menyediakan kunyit di rumah sebagai bentuk antisipasi dan cara awal mengatasi berbagai penyakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×