kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Manfaat Timun untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya yang Jarang Diketahui


Kamis, 03 Agustus 2023 / 15:51 WIB
11 Manfaat Timun untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat timun yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan tulang.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Timun - Di Indonesia, buah timun atau mentimun biasa digunakan sebagai bahan lalapan makanan. Namun, ternyata banyak sekali manfaat timun untuk kesehatan.

Timun kerapkali disebut sebagai sayuran. Namun, karena memiliki biji, timun yang memiliki nama latin Cucumis sativu ini digolongkan sebagai buah.

Selain itu, timun adalah buah yang rendah kalori dan mengandung banyak air dan serat larut. Itu sebabnya, manfaat timun untuk wajah juga sangat tinggi apabila digunakan sebagai masker.

Lantas, apa saja manfaat timun untuk kesehatan dan wajah?

Baca Juga: 2 Resep Udang Panggang Keju Meleleh ala Restoran Bintang Lima

Kandungan nutrisi timun

Manfaat Timun

Timun adalah buah yang kaya nutrisi.  Timun adalah buah yang rendah kalori tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral penting.

Dalam setiap 300 gram timun yang belum dikupas mengandung karbohidrat 11 gram, protein 2 gram, serta serat 2 gram. Nutrisi lainnya yakni vitamin C, vitamin K, magnesium, mangan, dan kalium.

Disarankan, untuk memaksimalkan kandungan gizi dari manfaat mentimun, buah ini harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral tertentu.

Baca Juga: 5 Cara Melembabkan Kelopak Mata Kering dengan Bahan Alami, Bisa Pakai Teh

Manfaat timun untuk kesehatan

Manfaat timun untuk kesehatan

Berikut ini manfaat timun untuk kesehatan tubuh dan wajah seperti dilansir dari Healtline dan Medical News Today:

1. Menjaga kesehatan tulang 

Manfaat timun yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Timun mengandung vitamin K yang bermanfaat dalam pembekuan darah dan dapat mendukung kesehatan tulang.

Vitamin K juga membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Bersama-sama, nutrisi ini dapat berkontribusi untuk kesehatan tulang yang baik.

Baca Juga: Resep Masakan Rumahan, Ayam Serundeng Bawang Lengkap dengan Sambal Rawit

2. Mencegah kanker 

Manfaat timun selanjutnya yakni dapat membantu mencegah kanker. Sebagai anggota tanaman keluarga Cucurbitaceae, timun mengandung nutrisi dari rasa pahit yang dikenal sebagai cucurbitacin.

Menurut sebuah artikel di International Journal of Health Services, cucurbitacins dapat membantu mencegah kanker dengan menghentikan reproduksi sel kanker.

Sebanyak 133 gram timun dengan kulitnya juga menyediakan sekitar 1 gram serat. Serat dapat membantu melindungi terhadap kanker kolorektal.

Baca Juga: 7 Fungsi Vitamin K untuk Kesehatan Makanan dan Makanan yang Mengandung Vitamin​ K

3. Menjaga kesehatan jantung

Asosiasi Jantung Amerika atau The American Heart Association (AHA) mencatat bahwa serat dapat membantu mengelola kolesterol dan mencegah masalah kardiovaskular atau penyakit jantung. 

Timun yang belum dikupas seberat 142 gram mengandung 193 mg potasium dan 17 mg magnesium. Sementara itu, orang dewasa minimal perlu mengonsumsi 4.700 mg potasium dan 310–410 mg magnesium setiap harinya, tergantung pada jenis kelamin dan usia. 

Nah, mengurangi asupan natrium dan memperbanyak konsumsi potasium dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu, Cucurbitacins dalam timun juga dapat membantu mencegah aterosklerosis.

Baca Juga: Kabar Bagus untuk Penderita Stroke, Ini 8 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi

4. Mencegah peradangan

Manfaat timun juga memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan. Peradangan adalah fungsi dari sistem kekebalan tubuh.

Namun, jika berlebihan maka dapat menimbulkan sejumlah penyakit. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat terjadi karena peradangan antara lain:

  • Penyakit kardiovaskular
  • Diabetes
  • Kondisi autoimun
  • Depresi
  • Kanker

5. Menjaga kesehatan kulit

Beberapa studi menyebutkan bahwa manfaat timun juga bisa menjaga kesehatan kulit. Menempelkan irisan timun ke kulit dapat membantu mendinginkan dan menenangkan kulit. 

Hal itu juga bisa mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari. 

Baca Juga: 5 Manfaat Zukini yang Kaya Serat, Menurunkan Gula Darah Tinggi hingga Berat Badan

6. Menurunkan berat badan

Manfaat mentimun berpotensi membantu menurunkan berat badan dengan beberapa cara berbeda. Sebab, mentimun adalah buah rendah kalori.

Dalam setiap 300 gram mentimun mengandung 45 kalori. Ini berarti, memakan banyak mentimun membuat kalori lebih terjaga tanpa mengurangi energi yang dibutuhkan tubuh dengan tetap merasa kenyang.

Selain itu manfaat timun untuk kesehatan, kandungan air mentimun yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian soal manfaat timun, menemukan bahwa makan makanan dengan kandungan air tinggi dan rendah kalori dikaitkan dengan penurunan berat badan yang signifikan.

Baca Juga: Rendah Gula, Ini Rekomendasi Menu Sehat Buat Penderita Penyakit Diabetes

7. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa manfaat mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.

Mentimun terbukti efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah

8. Memperbaiki pencernaan

Manfaat timun juga dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan. Makan mentimun dapat membantu mendukung pergerakan usus secara teratur.

Dehidrasi adalah faktor risiko utama sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air dan membuat buang air besar menjadi sulit.

Manfaat timun untuk kesehatan yang mengandung banyak air dapat membantu pencernaan usus lebih teratur dan menghindarkan dari risiko sembelit.

Selain itu, manfaat mentimum bagi pencernaan adalah adanya kandungan pektin, jenis serat larut yang ditemukan pada mentimun yang dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar.

Baca Juga: Daftar 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

9. Menghilangkan lingkaran hitam di mata 

Manfaat timun untuk wajah adalah dapat menghilangkan lingkaran hitam mata. Timun memiliki kandungan antioksidan dan silica yang baik untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar kulit mata.

Cara menghilangkan lingkaran hitam mata sangat mudah, letakkan dua irisan timun ke bagian mata dan diamkan selama 30 menit. Anda juga bisa mencelupkan kapas ke dalam jus timun kemudian kompreskan pada mata. 

10. Mencegah penyakit serius

Antioksidan adalah senyawa yang bisa menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Manfaat timun untuk kesehatan adalah sebagai sumber antioksidan.

Dengan mengonsumsi timun, maka peluang terkena penyakit kronis seperti jantung, paru, dan kanker lebih kecil. 

Baca Juga: Resep Inspirasi Jualan Nasi Uduk Komplet Dilengkapi Tempe hingga Ayam Goreng

11. Mencegah dehidrasi

Selanjutnya, manfaat timun untuk kesehatan adalah membantu mencegah dehidrasi. 

Cairan tubuh sendiri tak hanya berasal dari air yang diminum, namun sekitar 40% juga berasal dari cairan makanan. Buah dan sayuran, khususnya, bisa menjadi sumber air yang baik untuk tubuh. 

Karena mentimun terdiri dari sekitar 96% air, manfaat timun sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan harian.

Nah, jadi itulah sejumlah manfaat timun untuk kesehatan yang perlu diketahui oleh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×