kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Timun untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Sabtu, 04 Maret 2023 / 14:35 WIB
7 Manfaat Timun untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Di Indonesia, buah timun atau mentimun biasa digunakan sebagai bahan lalapan makanan. Namun, ternyata banyak sekali manfaat timun untuk kesehatan.

Timun kerapkali disebut sebagai sayuran. Namun, karena memiliki biji, timun yang memiliki nama latin Cucumis sativu ini digolongkan sebagai buah.

Selain itu, timun adalah buah yang rendah kalori dan mengandung banyak air dan serat larut. Itu sebabnya, manfaat timun untuk wajah juga sangat tinggi apabila digunakan sebagai masker.

Lantas, apa saja manfaat timun untuk kesehatan dan wajah? 

Baca Juga: Waspada! Inilah 5 Penyebab Hipertensi yang Sering Terjadi di Usia Muda

7 Manfaat timun untuk kesehatan

Manfaat timun pertama adalah buah ini kaya nutrisi.

Berikut ini 7 manfaat timun untuk kesehatan tubuh dan wajah seperti dilansir dari Healtline:

1. Kaya nutrisi

Manfaat timun pertama adalah buah ini kaya nutrisi. Timun adalah buah yang rendah kalori tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral penting.

Dalam setiap 300 gram timun yang belum dikupas mengandung karbohidrat 11 gram, protein 2 gram, serta serat 2 gram. Nutrisi lainnya yakni vitamin C, vitamin K, magnesium, mangan, dan kalium.

Disarankan, untuk memaksimalkan kandungan gizi dari manfaat mentimun, buah ini harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral tertentu.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Toner Alami dari Rumah, Tidak Sulit

2. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bisa menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Manfaat timun untuk kesehatan adalah sebagai sumber antioksidan.

Dengan mengonsumsi timun, maka peluang terkena penyakit kronis seperti jantung, paru, dan kanker lebih kecil.

Baca Juga: Perhatikan! 8 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas  

Manfaat timun untuk kesehatan adalah membantu mencegah dehidrasi.

3. Mencegah dehidrasi

Selanjutnya, manfaat timun untuk kesehatan adalah membantu mencegah dehidrasi. 

Cairan tubuh sendiri tak hanya berasal dari air yang diminum, namun sekitar 40% juga berasal dari cairan makanan. Buah dan sayuran, khususnya, bisa menjadi sumber air yang baik untuk tubuh. 

Karena mentimun terdiri dari sekitar 96% air, manfaat timun sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan harian.

Baca Juga: Apa Itu Energi Vampir? Ini Cara Menghindarinya di Rumah

4. Menurunkan berat badan

Manfaat mentimun berpotensi membantu menurunkan berat badan dengan beberapa cara berbeda. Sebab, mentimun adalah buah rendah kalori.

Dalam setiap 300 gram mentimun mengandung 45 kalori. Ini berarti, memakan banyak mentimun membuat kalori lebih terjaga tanpa mengurangi energi yang dibutuhkan tubuh dengan tetap merasa kenyang.

Baca Juga: Catat Berbagai Obat Jerawat Alami, Bahannya Mudah Ditemukan di Rumah

Selain itu manfaat timun untuk kesehatan, kandungan air mentimun yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian soal manfaat timun, menemukan bahwa makan makanan dengan kandungan air tinggi dan rendah kalori dikaitkan dengan penurunan berat badan yang signifikan.

Baca Juga: Coba Simak 5 Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

5. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa manfaat mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.

Mentimun terbukti efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Kenali Yuk 9 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

Manfaat timun juga dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan.

6. Memperbaiki pencernaan

Manfaat timun juga dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan. Makan mentimun dapat membantu mendukung pergerakan usus secara teratur.

Dehidrasi adalah faktor risiko utama sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air dan membuat buang air besar menjadi sulit.

Baca Juga: 7 Obat Jerawat Alami yang Aman dan Ampuh, Jangan Lewatkan!

Manfaat timun untuk kesehatan yang mengandung banyak air dapat membantu pencernaan usus lebih teratur dan menghindarkan dari risiko sembelit.

Selain itu, manfaat mentimum bagi pencernaan adalah adanya kandungan pektin, jenis serat larut yang ditemukan pada mentimun yang dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar.

Baca Juga: 6 Jenis Maki Sushi Ala Jepang Berdasarkan Ukuran dan Penyajiannya

7. Menghilangkan lingkaran hitam di mata 

Manfaat timun untuk wajah adalah dapat menghilangkan lingkaran hitam mata. Timun memiliki kandungan antioksidan dan silica yang baik untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar kulit mata.

Cara menghilangkan lingkaran hitam mata sangat mudah, letakkan dua irisan timun ke bagian mata dan diamkan selama 30 menit. Anda juga bisa mencelupkan kapas ke dalam jus timun kemudian kompreskan pada mata. 

Nah, jadi itulah sejumlah manfaat timun untuk kesehatan yang perlu diketahui oleh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×