kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Cara Mengonsumsinya


Sabtu, 14 Oktober 2023 / 04:00 WIB
11 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Cara Mengonsumsinya
ILUSTRASI. Manfaat daun pepaya dikenal berkhasiat menyembuhkan malaria, demam, asma, dan meningkatkan nafsu makan.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Daun Pepaya - Manfaat daun pepaya dikenal berkhasiat menyembuhkan malaria, demam, asma, dan meningkatkan nafsu makan. Daun pepaya adalah salah satu olahan yang mudah dan murah di Indonesia. 

Namun, banyak orang tidak suka daun pepaya karena rasanya yang pahit. Padahal, jika cara mengolahnya benar, rasa pahit daun pepaya bisa hilang. 

Apalagi ada banyak manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Bahkan, kini ada berbagai bukti ilmiah mengenai manfaat daun pepaya sebagai anti-kanker, anti-bakteri, dan mengobati vertigo. 

Lalu, apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan? 

Baca Juga: 5 Air Rebusan yang Bisa Membuat GERD Rontok, Salah Satunya Daun Sirih

Manfaat daun pepaya 

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Dirangkum dari buku "Khasiat Daun Pepaya" dan laman PharmEasy, berikut sejumlah manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang sebaiknya jangan dilewatkan:

1. Obat malaria 

Khasiat rebusan daun pepaya juga turun-temurun digunakan sebagai obat malaria. Periset Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura melakukan penelitian mengenai manfaat daun pepaya untuk mengobati malaria. 

Hasil penelitian menunjukkan pemberian ekstrak daun pepaya mampu menghambat pertumbuhan plasmodium atau parasit penyebab malaria. 

Manfaat daun pepaya dalam mengobati malaria lantaran kandungan alkaloid carpain, saponin, dan flavonoid. Senyawa aktif itu membuat parasit keluar dari eritrosit. 

Daun pepaya mengandung senyawa bernama, acetogenin yang mencegah penyakit seperti malaria atau demam berdarah. Kandungan alkaloid carpain inilah yang menyebabkan rasa pahit dalam daun pepaya.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

2. Mengobati demam berdarah

Selain mengobati malaria, manfaat daun pepaya juga bisa digunakan sebagai obat demam berdarah. Jus daun pepaya merupakan salah satu pengobatan demam berdarah yang efektif. 

Obat tradisional ini bekerja untuk menurunkan suhu tubuh. Demam berdarah menurunkan jumlah trombosit darah, dan ekstrak daun pepaya diketahui membantu meningkatkan jumlah trombosit. 

Penelitian di Malaysia membuktikan bahwa ekstrak daun pepaya berkontribusi terhadap produksi trombosit dan meningkatkan jumlah trombosit.

Manfaat daun pepaya juga bisa mencegah komplikasi demam berdarah seperti ruam di tubuh, pendarahan, dan lain-lain. 

Saat sedang demam berdarah, konsumsilah jus daun pepaya sebanyak dua kali sehari untuk meningkatkan jumlah trombosit dan menurunkan demam secara signifikan.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

3. Memperlancar pencernaan

Daun pepaya mengandung air dan serat yang dapat memperlancar pencernaan. Enzim papain yang ada dalam daun pepaya membantu memudahkan proses pencernaan dengan memecah protein. 

Segelas jus daun pepaya setiap hari dapat mencegah berbagai masalah pencernaan seperti sembelit dan gangguan pencernaan.

4. Mencegah kanker

Daun pepaya mengandung likopen yang memiliki sifat anti kanker. Hal ini dapat mencegah perkembangan sel kanker dan komplikasi lebih lanjut. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa, ekstrak daun pepaya efektif dalam mengatasi kanker usus besar dan prostat. Ekstrak daun pepaya juga kaya akan antioksidan yang menetralisir aktivitas sel kanker.

Baca Juga: Resep Gulai Daun Singkong ala Rumah Makan Padang, Bisa Dimasak Hanya 15 Menit

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain, dan alkaloid yang meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat daun pepaya juga kaya akan berbagai vitamin dan antioksidan yang memperkuat kekebalan tubuh. 

Vitamin C dalam daun pepaya meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegahnya terinfeksi penyakit. Selain itu, juga bermanfaat dalam penyembuhan luka, pertumbuhan jaringan tubuh, regenerasi sel yang rusak, dll. 

Manfaat daun pepaya bagi penderita diabetes bisa mengurangi keinginan mengonsumsi makanan manis.

6. Membantu diabetes

Manfaat daun pepaya bagi penderita diabetes bisa mengurangi keinginan mengonsumsi makanan manis.

Menurut beberapa penelitian, konsumsi ekstrak daun pepaya membantu menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol karena adanya serat pangan di dalamnya.

Baca Juga: Cara Merebus Daun Pepaya Supaya Tak Pahit, Kenali khasiat & Efek Samping Rebusan Daun

7. Membantu menurunkan berat badan

Jus daun pepaya rendah kalori dan tinggi serat sehingga membuat perut kenyang dalam waktu lama. 

Serat makanan yang secara alami ditemukan dalam manfaat daun pepaya dapat mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme. 

Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, biji pepaya memiliki peran khusus dalam penurunan berat badan untuk mencegah penyerapan lemak.

8. Meringankan nyeri haid

Nyeri haid bisa menjadi hal yang menyiksa bagi sebagian perempuan. Nah, manfaat daun pepaya ternyata bisa membantu meringankan gejala ini dengan mengurangi kontraksi rahim. 

Enzim yang ada dalam pepaya yakni papain membantu memperlancar keluarnya darah dari rahim. Ini juga berfungsi baik untuk meringankan gejala penyakit ovarium polikistik (PCOD).

Baca Juga: Ini Kandungan Vitamin Salak dan 12 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

9. Baik untuk kesehatan jantung

Berbagai antioksidan dan vitamin yang terkandung dalam daun pepaya menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

Vitamin C dan potasium yang ada dalam daun pepaya meningkatkan sirkulasi darah yang sehat dan menjaga arteri tetap bersih.

10. Bagus untuk kulit

Salah satu manfaat daun pepaya yang terbesar adalah menjaga kesehatan kulit. Nutrisi dalam daun pepaya dapat menjaga kulit tetap bersih dan cerah. 

Selain itu, juga bisa melembapkan dan mencegah kulit kering dan pecah-pecah. Sifat antioksidan yang terdapat pada manfaat daun pepaya dapat membantu memperlambat proses penuaan. 

Hal ini juga dapat meningkatkan penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Daun pepaya secara keseluruhan bermanfaat untuk kesehatan kulit dalam segala hal.

Baca Juga: 11 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan dan Ibu Menyusui Serta Efek Sampingnya

11. Bagus untuk menumbuhkan rambut 

Manfaat daun pepaya ternyata juga bisa menjaga kesehatan dan menumbuhkan rambut. Namun, bukti ilmiah mengenai hal ini masih sedikit. 

Penelitian menemukan bahwa level stres oksidatif yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan rambut rontok.

Untuk itu, mengonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan dapat mengeliminasi stres oksidatif dan meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Jus pepaya memiliki sifat antijamur yang dapat mengendalikan jamur penyebab ketombe. 

Demikian sejumlah manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui. 

Selanjutnya: KPK Resmi Menahan Syahrul Yasin Limpo atas Dugaan Korupsi di Kementan

Menarik Dibaca: Ini Jadwal Terbaru KRL Jogja-Solo Sabtu & Minggu, 14-15 Oktober 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×