kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis, Catat!


Selasa, 25 April 2023 / 10:44 WIB
10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis, Catat!
ILUSTRASI. Manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh telah terbukti secara klinis khasiatnya. Oleh sebab itu, manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh wajib dan menarik diketahui.

Dengan begitu manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena baik untuk kesehatan tubuh.

Selain memiliki banyak manfaat, jeruk bali juga mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan. Tak jarang jeruk bali kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Baca Juga: Ayo Simak 7 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

Kembali lagi, banyaknya manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi yang terkandung. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jeruk bali di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin C dan masih banyak lagi. 

Lalu apa saja manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari Netmeds, berikut beberapa manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat jeruk bali untuk kesehatan yang cukup menjadi sorotan adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan jeruk bali mengandung banyak vitamin C mampu menibgkatkan penyerapan zat besi, sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Suka Makan Sayur? Kenali 5 Obat Asam Urat Alami yang Aman Dikonsumsi

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, buah jeruk bali mengandung kadar potasium yang relatif tinggi.

Sehingga mengkonsumsi jeruk bali mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

3. Meredakan Kram Otot

Jeruk bali juga dapat bermanfaat untuk meredakan kram otot. Kandungan magnesium yang sangat tinggi dalam jeruk bali menjadi pilihan ideal untun meredakan nyeri otot dan kram.

Baca Juga: Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh, Ada 8 Hal yang Wajib Diketahui

4. Mengobati Sembelit

Tak berhenti disitu, jeruk bali juga sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Pasalnya, jeruk bali mempunyai banyak serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan dapat membantu menyaring racun dalam tubuh sehingga terhindar dari gangguan pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh lainnya juga sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal tersebut dikarenakan jeruk bali memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sehingga dapat membantu menjaga kepadatan tulang secara maksimal serta kesehatan tulang tetap terjaga.

Baca Juga: Punya Banyak Khasiat, Ini 8 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Memerangi Infeksi Saluran Kemih 

Jeruk bali menawarkan banyak vitamin C yang memberikan sifat anti-inflamasi untuk mengurangi pembengkakan di kandung kemih yang lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. 

Selain itu, antioksidan dalam jeruk bali juga bermanfaat dalam menghilangkan radikal bebas yang merugikan dan bakteri berbahaya dari tubuh.

7. Meningkatkan Penglihatan

Selain mengandung banyak vitamin C, jeruk bali juga mengandung vitamin A yang relatif tinggi. Sehingga, manfaat jeruk bali untuk kesehatan mata juga tidak perlu diragukan lagi. Serta jeruk bali memiliki antioksidan lutein beta karoten tang meningkatkan penglihatan.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh Selain Dijadikan Bahan Masakan

8. Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan yaitu mampu meningkatkan fungsi hati. Pasalnya, jeruk bali mengandung fitonutrien yang baik dalam melindungi hati dari racun radikal bebas.

9. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Jeruk bali juga memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan pernapasan, berkat harta karun antioksidan yang dikandungnya, termasuk vitamin C, polifenol, terpenoid. 

Vitamin C dalam jeruk bali mendukung aktivitas sistem kekebalan tubuh, untuk memerangi batuk, pilek, dan sakit tenggorokan secara efektif.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

10. Membantu Menyembuhkan Anemia

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh yang terakhir yaitu membantu menyembuhkan anemia. Pasalnya, jeruk bali mengandung vitamin c yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi. Sehingga hal tersebut bisa membantu menyembuhkan dan mengurangi risiko anemia. Demikian beberapa manfaat jeruk bali untuk kesehatan yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×