Kesehatan Umum

​10 Manfaat buah pisang untuk tubuh, baik untuk diet dan ibu hamil

Rabu, 21 Oktober 2020 | 09:58 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​10 Manfaat buah pisang untuk tubuh, baik untuk diet dan ibu hamil

ILUSTRASI. Pisang

KONTAN.CO.ID - Pisang merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain itu, takjarang masyarakat Indonesia menanam buah ini di rumah mereka. 

Makanan ini juga cukup terjangkau untuk didapatkan oleh masyarakat. Apalagi pisang juga kaya akan kandungan kalium, pektin, magnesium, vitamin C dan B6. 

Berbagai macam manfaat kesehatan juga bisa diperoleh tubuh dengan mengonsumsi buah kuning melengkung ini. 

Dikutip dari laman Live Science, pisang dikenal mampu mencegah diabetes tipe 2, membantu penurunan berat badan, memperkuat sistem saraf, dan mengandung antioksidan tinggi yang dapat memberikan perlindungan dari radikal bebas. 

Lantas apa saja manfaat buah pisang bagi tubuh?

Baca Juga: 4 Buah penurun darah tinggi yang wajib dicoba

Manfaat buah pisang bagi tubuh


Manfaat buah pisang

Dirangkum dari Live Science, Medical News Today, dan P2PTM Kementerian Kesehatan, berikut adalah manfaat buah pisang bagi tubuh: 

1. Menurunkan kadar gula darah

Pisang mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh. The American Diabetes Association merekomendasikan makan pisang dan buah lainnya karena mengandung serat yang bagus bagi penderita diabetes maupun orang yang ingin terhindar dari penyakit tersebut. 

Mereka mencatat bahwa makan serat dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sehingga, memakan pisang dan makanan berserat tinggi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. 

Baca Juga: Ini obat herbal yang efektif meredakan asam lambung Anda

2. Bermanfaat bagi ibu hamil

Pisang juga dapat membantu mencegah diabetes gestasional. Menurut analisis yang diterbitkan dalam Sleep Medicine Reviews, kurang tidur selama kehamilan dapat berkontribusi pada diabetes gestasional.

Tapi magnesium dan triptofan dalam pisang bisa membantu memastikan istirahat malam yang nyenyak. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Royal Society menemukan, kalium dalam pisang berkorelasi dengan wanita yang melahirkan bayi laki-laki. 

Studi tersebut mengamati bahwa dari 740 wanita yang mengonsumsi kadar kalium tinggi sebelum terjadinya pembuahan lebih mungkin memiliki anak laki-laki daripada mereka yang tidak.

Baca Juga: Air rebusan temu putih bermanfaat sebagai obat herbal asam lambung

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru