kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Untuk Diketahui, Apa Saja?


Senin, 29 Agustus 2022 / 05:15 WIB
10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Untuk Diketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Brokoli


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Brokoli adalah salah satu jenis sayuran hijau yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, brokoli juga juga merupakan sayuran yang enak untuk dikonsumsi.

Biasanya brokoli dimasak dengan cara direbus, dikukus atau bisa juga diolah menjadi masakan lain seperti tumis dan capcay. 

Selain itu, brokoli juga termasuk sayuran termasuk sayuran hijau yang mempunyai kalori rendah. Artinya, brokoli juga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan.

Baca Juga: Simak Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Leukemia yang Perlu Diwaspadai

Dilansir dari ETimes, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi brokoli bagi kesehatan yang perlu diketahui.

1. Mencegah Kanker

Manfaat mengkonsumi brokoli yang pertama adalah mampu mencegah kanker. Brokoli mengandung sifat yang dapat menguras estrogen yang biasanya menyebabkan kanker dalam tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa brokoli sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan rahim.

2. Menurunkan Kolesterol

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Pasalnya, brokoli mengandung serat larut yang dapat menarik kolesterol keluar dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Catat! 5 Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Amandel

3. Mengurangi Reaksi Alergi

Mengkonsumsi brokoli secara rutin juga mampu mengurangi reaksi alergi dan peradangan. Penelitian telah menunjukkan kemampuan kaempferol untuk mengurangi dampak zat yang berhubungan dengan alergi pada tubuh kita. Brokoli bahkan memiliki sejumlah besar asam lemak omega 3 yang dikenal sebagai antiinflamasi.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat brokoli selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat tersebut didapat dari kandungan antioksidan yang ampuh serta vitamin C yang berperan penting untuk tubuh. 

5. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K tingkat tinggi, keduanya penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Selain kalsium, brokoli juga kaya nutrisi lain seperti magnesium, zinc dan fosfor. Karena khasiat ini, brokoli sangat cocok untuk anak-anak, orang tua dan ibu menyusui.

Baca Juga: Waspada 5 Penyebab Benjolan di Selangkangan yang Mungkin Anda Alami

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dilansir dari ETimes, Sifat anti-inflamasi sulforaphane adalah salah satu isothiocyanates (ITCs) dalam brokoli yang dapat mencegah (atau bahkan membalikkan) beberapa kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang dapat disebabkan oleh peradangan akibat kronis.

Selain itu, Brokoli sangat bagus untuk kesehatan jantung karena mengandung serat, asam lemak dan vitamin yang membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. 

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Brokoli mengandung karbohidrat yang baik dan tinggi serat. Kandungan tersebut membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan mengurangi makan berlebihan. 

Oleh karena itu, brokoli bagus untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat dan cocok dikonsumsi saat diet. 

8. Bagus untuk Detoksifikasi

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan serat. Artinya, brokoli dapat membantu membuang racun melalui sistem pencernaan.

Selain itu, brokoli juga penuh dengan antioksidan yang membantu detoksifikasi tubuh secara keseluruhan. Brokoli mengandung fitonutrien khusus yang membantu proses detoksifikasi tubuh. 

Baca Juga: 4 Bahaya Begadang bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!

9. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat brokoli selanjutnya dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan kulit, bisa dengan memanfaatkan brokoli.

Pasalnya, brokoli adalah sumber antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan mineral seperti tembaga dan seng, brokoli membantu menjaga kesehatan kulit. Ini berarti juga melindungi kulit dari infeksi serta menjaga kilau alami kulit Anda serta mencegah tanda-tanda penuaan. 

10. Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain wortel, brokoli juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan Brokoli mengandung beta-karoten, vitamin A, fosfor dan vitamin lain seperti B kompleks, vitamin C dan E. 

Semua nutrisi ini sangat bagus untuk kesehatan mata karena membantu melindungi mata dari degenerasi makula, katarak dan bahkan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radiasi berbahaya yang kita alami dengan terus-menerus menggunakan ponsel atau berada di depan layar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×