Catat! 5 Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Amandel

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:35 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat! 5 Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Amandel


KONTAN.CO.ID - Makanan adalah salah hal yang penting untuk diperhatikan penderita amandel. Ada beberapa pantangan makanan yang harus dihindari penderita sakit amandel. 

Pasalnya, mengonsumsi pantangan makanan tersebut dapat membuat kondisi amandel semakin memburuk.

Selain menghindari pantangan, amandel juga tidak boleh dibiarkan dan harus segera dilakukan pengobatan. Sebab, jika amandel sudah parah, bahkan bisa mengharuskan penderitanya masuk ke ruang operasi.

Baca Juga: 4 Bahaya Begadang bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!

Untuk itu, salah satu hal kecil yang bisa dilakukan namun sangat bermanfaat menurunkan risiko amandel adalah dengan menghindari beberapa pantangan. 

Dilansir dari Oladoc, berikut beberapa pantangan penderita amandel yang perlu diwaspadai:

1. Kuning telur 

Bagi Anda yang menyukai telur namun menderita amandel, harus lebih bersabar. Soalnya, kuning telur merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari karena dapat meningkatkan produksi lendir. 

Untuk mengatasi pantangan tersebut, Anda masih bisa mengonsumsi putih telur untuk sementara waktu sampai amandel Anda sembuh. 

2. Gorengan 

Gorengan adalah makanan yang mengandung banyak minyak. Tentu hal tersebut merupakan pantangan amandel yang harus dihindari. 

Pasalnya, makanan berminyak dapat memperburuk kondisi amandel dan dapat menimbulkan radang tenggorokan.

Baca Juga: Pakai SSSTikTok untuk Download Video TikTok Tanpa Watermark Secara Gratis

3. Produk olahan susu

Pantangan bagi penderita amandel selanjutnya adalah menghindari berbagai produk olahan susu. Sama seperti kuning telur, produk olahan susu juga dapat meningkatkan produksi lendir yang bisa memperburuk amandel. 

Selain itu, kandungan kasein dalam produk olahan susu juga dapat meningkatkam bakteri yang menjadi penyebab benjolan di tenggorokan. 

4. Makanan pedas 

Selain makanan berminyak, makanan pedas juga pantangan bagi penderita amandel. Sebab, makanan pedas dapat memperburuk kondisi amandel sehingga menjadi makanan yang wajib dihindari.

Baca Juga: Top Skor BRI Liga 1 2022/2023: Matheus Pato Jadi Pencetak Gol Terbanyak Pekan 6

5. Alkohol 

Jika Anda menderita amandel, minuman beralkohol harus sangat dihindari karena menjadi salah satu pantangan. Mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengurangi produksi air ludah yang membuat mulut dan tenggorokan menjadi lebih kering. 

Kondisi tersebut dapat memperburuk radang amandel. Selain alkohol, kafein dan gula juga harus Anda hindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru