kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada 5 Penyebab Benjolan di Selangkangan yang Mungkin Anda Alami


Sabtu, 27 Agustus 2022 / 10:30 WIB
Waspada 5 Penyebab Benjolan di Selangkangan yang Mungkin Anda Alami


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa penyebab benjolan di selangkangan yang perlu Anda waspadai. Benjolan di selangkangan sebetulnya bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Namun, umumnya benjolan di selangkangan biasanya jadi tanda adanya gangguan kesehatan. Mengetahui penyebab benjolan di selangkangan adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Bukan tanpa alasan, dengan mengetahui penyebab lebih cepat Anda juga bisa melakukan penanganan sesegera mungkin sebelum benjolan di selangkangan semakin memburuk. 

Pasalnya, jika benjolan di selangkangan tidak segara ditangani, akan mengganggu aktivitas Anda. Serta, ditakutkan akan menimbulkan gejala atau gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Jadwal Timnas Inggris Di Piala Dunia 2022 Qatar, Melawan Iran Amerika dan Wales

Sehingga, memeriksakan sesegera mungkin ke dokter adalah hal yang bijak untuk mengatasi benjolan di selangkangan. 

Lantas apa saja penyebab benjolan di selangkangan? 

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab benjolan di selangkangan yang perlu diwaspadai: 

1. Hernia

Hernia merupakan salah satu penyebab benjolan di selangkangan yang mungkin Anda alami. Hernia adalah kondisi di mana jaringan atau organ mendorong otot untuk mengelilinginya.

Hal tersebutlah yang menyebabkan timbulnya benjolan di area selangkangan. 

2. Pembuluh darah bengkak

Penyebab benjolan di selangkangan senjutnya bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang bengkak. Ada dua jenis pembuluh darah bengkak dan menyebabkan benjolan di selangkangan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya aneurisma femoralis dan varicose vein. 

Aneurisma femoralis dapat terjadi saat dinding arteri lemah. Sedangkan varicose vein dikarenakan tekanan darah vena meningkat sehingga menimbulkan benjolan.

Baca Juga: Top Skor BRI Liga 1 2022/2023: Matheus Pato Jadi Pencetak Gol Terbanyak Pekan 6

3. Infeksi kulit

Infeksi kulit juga dapat menjadi penyebab benjolan di selangkangan. Folikel rambut di area kemaluan yang terlukan dapat memicu benjolan. Contoh infeksi kulit yang dapat menimbulkan benjolan di selangkangan seperti bisul dan abses. 

4. Kista

Perlu Anda ketahui kista juga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di selangkangan, lo. Meski kista tidak bersifat kanker atau membahayakan kesehatan, kista harus segera diatasi karena dapat menimbulkan infeksi.

Baca Juga: Pakai SSSTikTok untuk Download Video TikTok Tanpa Watermark Secara Gratis

5. Kelenjar getah bening

Penyebab benjolan di selangkangan yang tak boleh dilewatkan adalah kelenjar getah bening. Saat kelenjar getah bening terinfeksi akan membengkak dan menimbulkan benjolan di selangkangan, bahkan di bagian tubuh lain seperti ketiak dan leher pun bisa terinfeksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×