kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Manfaatnya untuk Tubuh


Rabu, 05 April 2023 / 10:26 WIB
10 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Manfaatnya untuk Tubuh
ILUSTRASI. Ikan sarden juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Makanan yang mengandung vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Vitamin D adalah vitamin yang bisa larut dalam lemak. Secara umum, ada dua jenis vitamin D, pertama vitamin D2 yang berasal dari tumbuhan dan vitamin D3 yang berasal dari hewan dan sinar matahari.

Nah, vitamin D adalah salah satu vitamin yang bisa diproduksi sendiri secara alami oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari. Itu sebabnya, setiap orang terutama bayi, dianjurkan untuk berjemur di pagi hari.

Namun, bagi yang tidak rutin berjemur atau terkena sinar matahari maka perlu memenuhi vitamin D dari asupan makanan. Lantas, apa saja manfaat vitamin D dan makanan yang mengandung vitamin D?

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Tinggi dan Mudah Didapat

Manfaat vitamin D untuk tubuh

Makanan yang mengandung vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Dirangkum dari laman Web MD dan Healthline, ada beberapa manfaat vitamin D untuk tubuh, antara lain:

1. Kesehatan tulang

Manfaat vitamin D adalah untuk kesehatan tulang. Vitamin D dapat mencegah kelainan tulang pada anak-anak. Selain itu, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. 

Baca Juga: 7 Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI, Salah Satunya Ikan Bandeng

Tanpa vitamin D, tubuh hanya menggunakan sebagian kecil kalsium dalam makanan. Selain itu, manfaat vitamin D juga penting untuk wanita terutama yang berisiko menderita osteoporosis setelah menopause.

Vitamin D juga digunakan untuk mengobati kondisi tulang yang lebih serius yang disebut osteomalacia (pelunakan tulang). 

Baca Juga: Wajib Tahu Nih! Inilah Sederet Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh

2. Sifat anti kanker

Manfaat vitamin D juga bisa memiliki sifat anti kanker. Tingkat vitamin D yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan tingkat risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, termasuk kolorektal, prostat, dan pankreas. 

Dalam penelitian pada hewan, vitamin D juga bisa membantu memperlambat pertumbuhan tumor. Uji klinis pada manusia menunjukkan bahwa vitamin D mungkin tidak mencegah kanker tetapi dapat memperlambat perkembangannya.

Baca Juga: Manfaat 9 Buah dan Sayur Penurun Asam Urat Alami yang Mudah Didapat

3. Kesehatan otak

Manfaat vitamin D juga meminimalkan risiko demensia termasuk Alzheimer. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini terhadap manusia. 

Baca Juga: Bukan untuk Mengobati, Ini 6 Buah yang Bisa Membantu Mengelola Gejala Asam Lambung

Makanan yang mengandung vitamin D

Sementara itu, sejumlah makanan yang mengandung vitamin D antara lain:

1. Kuning telur

Makanan yang mengandung vitamin D tinggi adalah kuning telur.

Makanan yang mengandung vitamin D tinggi adalah kuning telur. Sebagian besar protein dalam telur ditemukan di putihnya, sementara untuk lemak, vitamin, dan mineral kebanyakan ditemukan di kuning telur.

Kuning telur dari satu telur besar mengandung 37 IU vitamin D, atau 5% dari total kebutuhan harian. Beberapa faktor mempengaruhi kadar vitamin D kuning telur.

Baca Juga: Bukan untuk Mengobati, Ini 6 Buah yang Bisa Membantu Mengelola Gejala Asam Lambung

Seperti paparan sinar matahari untuk ayam, kandungan vitamin D pakan ayam, dan paparan kuning telur cair terhadap sinar UV akan meningkatkan vitamin D dalam telur. 

Ketika diberi pakan yang sama, ayam yang berkeliaran di bawah sinar matahari menghasilkan telur dengan kadar vitamin D 3 hingga 4 kali lebih tinggi. 

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kadar Asam Urat

2. Hati sapi

Hati sapi juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Kandungan vitamin D dalam 3 ons hati sapi adalah 42 IU untuk 5% dari kebutuhan harian.

Selain itu, hati sapi juga mengandung banyak protein, zat besi, dan vitamin A. Namun, kolesterol dalam hati sapi cukup tinggi. 

Baca Juga: Mampu Melindungi Hati, Cek Ragam Manfaat Jamur Enoki

3. Tuna

Salah satu makanan yang mengandung vitamin D adalah tuna.

Salah satu makanan yang mengandung vitamin D adalah tuna. Dalam 100 gram tuna mengandung hingga 269 IU vitamin D yang merupakan 34% dari total kebutuhan harian.

Namun, perlu diingat bahwa tuna juga mengandung merkuri. Merkuri adalah logam berat yang ditemukan di banyak jenis ikan. Jenis ikan yang lebih besar mengandung lebih banyak merkuri daripada yang lebih kecil. 

Hal ini membuat sebaiknya konsumsi ikan tuna dibatasi sebanyak 100 gram per minggu untuk menghindari penumpukan merkuri dalam tubuh.  Meski ikan tuna termasuk makanan yang banyak mengandung vitamin D. 

Baca Juga: Lemas Selama Berpuasa? Konsumsi 7 Makanan yang Bantu Pulihkan Energi

4. Ikan sarden

Ikan sarden juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Dalam satu kaleng sarden menghasilkan sekitar 200 IU vitamin D. 

Ikan sarden juga menawarkan nutrisi lain, seperti vitamin B12 dan omega-3.

Baca Juga: Ayo Simak 5 Manfaat Jamur Enoki untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

5. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod juga menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Minyak ikan cod adalah suplemen yang populer di kalangan anak-anak. 

Jika Anda tidak menyukai ikan, mengonsumsi minyak hati ikan cod adalah cara lain untuk mendapatkan nutrisi dalam makanan tersebut. 

Dalam satu sendok teh minyak hati ikan kod sebesar 4,7 ml mengandung sekitar 450 IU vitamin D atau sekitar 56% dari kebutuhan harian. 

Baca Juga: Simak 4 Cara Mendapatkan Kulit Glowing dengan Bahan Alami

Minyak hati ikan kod telah digunakan bertahun-tahun untuk mengobati kekurangan vitamin D. Selain itu, juga digunakan untuk mengobati rakhitis, psoriasis, dan tuberkulosis. 

Minyak hati ikan kod juga sangat tinggi vitamin A. Selain itu, minyak hati ikan kod mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. 

Omega-3 dapat berperan dalam kesehatan jantung dan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: Moms, Ini Jenis Karbohidrat Terbaik untuk Sahur dan Buka Puasa yang Bisa Dikonsumsi

6. Ikan trout pelangi 

Makanan yang mengandung vitamin D berikutnya adalah ikan trout pelangi. Sebanyak 3 ons ikan trout pelangi menyediakan 645 IU vitamin D untuk 81% dari kebutuhan harian. 

Minyak hati ikan trout juga kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

Baca Juga: Inilah Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah Secara Alami, Gimana?

7. Ikan salmon 

Makanan yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah ikan salmon.

Makanan yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan salmon mengandung sekitar 570 IU atau 71% dari kebutuhan harian. 

Namun, ikan salmon dapat mengandung merkuri. Hanya saja, beberapa ahli mengatakan, manfaat ikan salmon lebih besar daripada bahayanya, terutama jika dimakan dalam jumlah sedang.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Jenis Minuman Terbaik Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang saat Puasa

8. Jamur 

Jamur juga merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang bisa dikonsumsi oleh vegetarian.

Jamur juga merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang bisa dikonsumsi oleh vegetarian. Seperti manusia, jamur dapat mensintesis vitamin D ketika terkena sinar UV. 

Namun, jamur hanya menghasilkan vitamin D2, berbeda dengan hewan yang menghasilkan vitamin D3.

Baca Juga: Inilah Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah Secara Alami, Gimana?

Meskipun demikian, jamur liar adalah sumber vitamin D2 yang sangat baik. Bahkan, beberapa varietas mengemas vitamin D hingga 2.300 IU per porsi 3,5 ons (100 gram) atau hampir tiga kali lipat dari kebutuhan harian vitamin D pada orang dewasa. 

Sementara, jamur yang ditanam secara komersial cenderung mengandung vitamin D2 lebih sedikit.

Baca Juga: 7 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan, Tak Hanya Bagus untuk Tulang

9. Susu sapi 

Susu sapi adalah makanan yang mengandung vitamin D.

Susu sapi adalah makanan yang mengandung vitamin D. Secara alami, susu sapi adalah bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi, termasuk kalsium, fosfor, dan riboflavin. 

Di beberapa negara, susu sapi dapat diolah dan diperkaya dengan vitamin D. Susu sapi biasanya mengandung sekitar 115-130 IU per cangkir (237 ml) atau sanggup memenuhi kebutuhan vitamin D harian hingga 15–22%.

Baca Juga: 5 Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Mengurangi Risiko Kanker

10. Susu kedelai 

Tak hanya susu sapi, susu kedelai juga merupakan makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Susu kedelai juga sering diperkaya dengan nutrisi atau vitamin dan mineral yang biasanya ditemukan dalam susu sapi. 

Satu cangkir (237 ml) susu kedelai yang telah diolah bisa mengandung 107-117 IU vitamin D atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin D harian hingga 13–15%.

Demikian beberapa makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×