10 Buah Penurun Darah Tinggi yang Mudah Didapatkan

Selasa, 17 Januari 2023 | 14:51 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
10 Buah Penurun Darah Tinggi yang Mudah Didapatkan

ILUSTRASI. Buah penurun darah tinggi.


KONTAN.CO.ID - Bagi Anda penderita darah tinggi atau hipertensi, ada baiknya untuk menerapkan pola makan yang sehat. Seperti mengonsumsi buah penurun darah tinggi. 

Buah penurun darah tinggi biasanya kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium. Kandungan mineral tersebut membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. 

Selain mengonsumsi buah untuk menurunkan darah tinggi, penderita hipertensi juga perlu menghindari makanan yang mengandung garam dan lemak berlebih.

Bagi penderita darah tinggi, asupan makanan memang berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah. 

Lantas, apa saja buah penurun darah tinggi?

Baca Juga: Yuk Simak! 8 Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Tubuh

10 Buah penurun darah tinggi 

Buah penurun darah tinggi

Dirangkum dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dan Kompas.com (3/6/2022), berikut adalah daftar buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi yang bisa Anda coba:

1. Timun suri 

Buah penurun darah tinggi pertama yang bisa Anda coba adalah timun suri. Timun suri merupakan bahan makanan sumber vitamin C dan kalium. 

Penderita hipertensi atau tekanan darah tingi biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi kalium dalam jumlah cukup. Hal tersebut disebabkan oleh tekanan darah normal memerlukan perbandingan antara natrium dan kalium yang sesuai di dalam tubuh.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Sampai Gula Darah Tinggi, Ini Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

2. Semangka

Semangka juga menjadi salah satu buah penurun darah tinggi. Buah semangka mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium. 

Buah ini juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

3. Kiwi

Buah penurun darah tinggi berikutnya adalah kiwi. Kiwi memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi tiga buah kiwi sehari mengalami penurunan tekanan darah yang lebih cepat.

Baca Juga: Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan, Kenali 5 Manfaat Terong Untuk Kesehatan

4. Anggur

Buah penurun darah tinggi

Anggur juga termasuk buah untuk menurunkan darah tinggi. Kandungan polifenol di anggur berguna untuk mengontrol tekanan darah. 

Polifenol dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi.

5. Buah bit

Buah penurun darah tinggi yang bisa Anda coba adalah buah bit. Buah bit juga dipercaya sebagai buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Sebuah penelitian menemukan adanya penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi buah tersebut. Hal ini karena kandungan nitrat di dalam buah bit berperan dalam penurunan tekanan darah.

Baca Juga: 11 Gejala Awal Diabetes dan Pencegahannya yang Perlu Diwaspadai

6. Delima

Terakhir, buah penurun darah tinggi adalah delima. Menurut penelitian, mengonsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (batas atas) dan diastolik (batas bawah). 

Meski begitu, belum diketahui kandungan apa yang membuat buah delima dapat menurunkan tekanan darah. Para peneliti menduga bahwa kandungan kalium dan polifenol dalam buah inilah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Jeruk

Berikutnya, buah penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi adalah jeruk. Jeruk mengandung enzim pektin yang dapat memperkecil penyumbatan pembuluh darah.  

Selain itu, jeruk juga kata akan kandungan vitamin C dan fitonutrisi yang menyehatkan.Dengan banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya, jeruk telah dipercaya banyak orang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Waspada! 7 Gejala HIV yang Penting Untuk Diketahui dan Diwaspadai

8. Pisang

Buah penurun darah tinggi

Selanjutnya, buah penurun darah tinggi adalah pisang. Kandungan kalium di dalam pisang membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. 

Anda dapat mengonsumsi pisang secara utuh, memanggang, atau mencampurnya ke dalam sereal.

9. Belimbing

Buah penurun darah tinggi berikutnya adalah belimbing. Belimbing mengandung kalium namun rendah natrium yang bagus dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. 

Selain itu, kalium juga diperlukan untuk menormalkan irama jantung dan pengalihan oksigen menuju otak.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Berat Badan Loh

10. Blewah

Blewah juga dapat dikatakan sebagai sumber kalium dan provitamin A, karena komposisi kalium dan beta karoten (provitamin A) dalam 100 gram blewah cukup tinggi. 

Secara umum, kandungan gizi dalam buah blewah bermanfaat untuk: 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh 
  • Menguatkan fungsi ginjal dan limpa 
  • Menurunkan tekanan darah tinggi. 

Nah, itulah daftar buah untuk menurunkan darah tinggi yang bisa Anda coba. 

Selain mengonsumsi buah penurun darah tinggi, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti membatasi asupan garam, membatasi konsumsi alkohol dan kafein, mengelola stres dengan baik, serta rutin berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru