kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda coba


Selasa, 25 Agustus 2020 / 06:01 WIB
3 Makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda coba
ILUSTRASI. Sayuran termasuk dalam salah satu makanan penurun darah tinggi. KONTAN/Baihaki/13/6/2020


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Jika terus dibiarkan, kondisi itu penyakit jantung, ginjal, strok, dan jenis penyakit lain bisa terjadi. Maka dari itu, makanan penurun darah tinggi dibutuhkan agar tekanan darah Anda lebih terkontrol.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), tekanan darah tinggi disebut sebagai “silent killer” karena tidak menunjukkan gejala sehingga tidak diobati bertahun-tahun. Menurut data dari centers for Disease Control and Preventive atau CDC, sebanyak 75 juta orang Amerika memiliki tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 3 Langkah mudah mengatasi insomnia

Banyak faktor resiko darah tinggi yang tidak bisa Anda kendalikan. Contohnya, usia, jenis kelamin, ras, dan riwayat kesehatan keluarga. Namun, ada pula faktor yang masih bisa Anda kontrol, seperti makanan dan pola hidup sehat.

Makanan penurun darah tinggi perlu dikonsumsi agar kondisi Anda tetap stabil. Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium, magnesium, serat, dan rendah sodium. Healthline memberikan beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda coba.

Sayuran

Potasium membantu ginjal untuk membuang lebih banyak sodium melalui urin. Dengan begitu, tekanan darah Anda juga bisa turun. Anda bisa mengonsumsi makanan penurun darah tinggi berupa bayam, selada, kale, dan lain sebagainya.

Susu Skim dan Yogurt

Susu skim atau susu rendah lemak dan yogurt adalah makanan penurun darah tinggi selanjutnya yang bisa Anda konsumsi. Selain rendah lemak, susu skim juga kaya akan kalsium. Dua kandungan itu penting untuk menurunkan darah tinggi.

Jika tidak suka susu skim, Anda bisa menggantinya dengan yogurt. Menurut penelitian dari American Heart Association, resiko darah tinggi turun sebanyak 20% pada wanita yang mengonsumsi 5 porsi yogurt setiap minggu.

Baca Juga: Ingin terhindar dari asam urat? Ikuti cara-cara berikut

Anda bisa mencampurkan yogurt dengan bahan makanan lain, seperti buah atau almon. Pastikan untuk melihat gula tambahan pada yogurt. Semakin kecil jumlah tambahan gula, semakin baik untuk kesehatan Anda.

Dark Chocolate

Healthline menyebutkan bahwa dark chocolate atau cokelat hitam adalah makanan penurun darah tinggi lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Penelitian pada 2015 menunjukkan bahwa mengonsumsi 100 g dark chocolate setiap hari bisa menurunkan Cardiovascular Disease atau CVD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×