kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Ciri-Ciri Kolesterol Naik Tinggi Pada Wanita, Berapa Kolesterol Normal?


Jumat, 26 April 2024 / 16:53 WIB
Inilah Ciri-Ciri Kolesterol Naik Tinggi Pada Wanita, Berapa Kolesterol Normal?
ILUSTRASI. Inilah Ciri-Ciri Kolesterol Naik Tinggi Pada Wanita, Berapa Kolesterol Normal?


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Standar Kolesterol Normal Pria dan Wanita - Jakarta. Inilah ciri-ciri kolesterol naik di atas normal pada wanita usia 40 tahun. Berapa kolesterol normal pria dan wanita dewasa?

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, kolesterol adalah senyawa berupa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, kolesterol dalam tubuh kita berasal dari dua sumber yaitu makanan dan hati.

Meski pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh, namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi saat kadar kolesterol tinggi di antaranya, gejala stroke, penyakit jantung, dan gangguan sirkulasi darah. Maka dari itu, penting mengetahui standar kolesterol normal dan pemeriksaan kadar kolesterol secara berkala.

Diberitakan Kompas.com, kolesterol yang naik tinggi di atas normal bisa menimbulkan ciri-ciri tertentu pada wanita usia 40 tahun ke atas. Berikut ciri-ciri kolesterol naik tinggi pada wanita usia 40 tahun:

1. Ada benjolan kuning di jari tangan 

Ciri-ciri kolesterol naik tinggi pada wanita usia 40 tahun yang pertama adalah pembentukan benjolan lilin berwarna kuning. Benjolan ini dapat bervariasi dalam ukuran dan bentuk. Adapun bercak xanthomas di tangan secara halus mengisyaratkan kelainan mendasar pada kadar lipid.

Sebagai informasi, xanthomas pada telapak tangan adalah benjolan kolesterol yang muncul di sepanjang lipatan tangan. Apabila muncul gejala seperti ini, segeralah untuk berkonsultasi dengan tenaga medis karena memerlukan intervensi, dikutip dari HealthSite, Rabu (24/4/2024).

2. Kuku sendok atau struktur berongga

Ciri-ciri kolesterol naik tinggi pada wanita usia 40 tahun yang kedua adalah munculnya kuku sendok atau struktur berongga. Pembentukan kuku sendok atau dikenal sebagai koilonychia merupakan kelainan yang ditandai dengan tampilan kuku yang berlubang.

Hal ini dapat diidentifikasi sebagai gejala adanya kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Pengamatan teratur terhadap perubahan kuku dapat membantu melacak kesehatan sistem kardiovaskular.

3. “Cincin” pucat di tangan dan jari

Ciri-ciri kolesterol naik tinggi pada wanita usia 40 tahun yang ketiga adalah timbulnya cincin pucat di tangan dan jari. Di dalam dunia medis, kadar kolesterol tinggi dapat membentuk “cincin” pada tubuh yang disebut dengan arcus senilis.

Umumnya, arcus senilis melingkari kornea mata. Namun cincin ini juga dapat muncul di tangan dan jari. Melacak perubahan pola kerutan pada tangan dapat memberikan informasi tentang keseimbangan lipid dan kerentanan kardiovaskular seseorang.

4. Akumulasi lemak pada tendon

Ciri-ciri kolesterol naik tinggi pada wanita usia 40 tahun yang keempat adalah adanya xanthomas lemak pada tendon. Xanthomas tendon adalah penumpukan lemak pada tendon yang juga terlihat pada tangan dan jari.

Umumnya, tendon berada di setiap ujung otot di seluruh tubuh manusia. Namun, tendon terbesar berada di bagian belakang betis ke tumit, dilansir dari Kompas.com, Minggu (22/10/2022).

Nodul ini secara halus mengisyaratkan penumpukan kolesterol dan trigliserida karena metabolisme lipid yang tidak normal dalam sistem.

5. Pertumbuhan jaringan kuning di dekat sendi

Ciri-ciri kolesterol naik tinggi pada wanita usia 40 tahun yang kelima adalah tumbuhnya jaringan kuning di dekat sendi. Pertumbuhan jaringan warna kuning di sekitar sendi seperti buku-buku jari dan tuberosum xanthomas adalah indikator jinak kelainan lipid.

Umumnya, jaringan ini akan diidentifikasi sebagai benjolan. Tanda seperti ini dapat muncul pada wanita yang memiliki kadar kolesterol jahat tinggi. Memperhatikan benjolan yang tidak biasa ini dapat menjadi peringatan untuk memprioritaskan kesehatan jantung.

Baca Juga: Ini Kadar Kolesterol pada Setiap Bagian Daging Ayam

Standar kolesterol normal 

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat lemak).

Sebaliknya, LDL adalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Selain LDL dan HDL juga terdapat lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida.

Nah, berikut standar kolesterol seseorang berdasarkan masing-masing jenis di atas:

1. Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik pada tubuh berperan untuk melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit jantung. Sehingga, semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Kadar kolesterol normal untuk HDL yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung minimal 60 mg/dL. Dan apabila kadar HDL kurang dari 40 mg/dL tidak akan baik bagi jantung.

2. Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan nama dan sifatnya, kolesterol jahat sebaiknya ada di tingkat rendah atau setidaknya dapat ditoleransi oleh tubuh Anda, yaitu kurang dari 100 mg/dL. Apabila tubuh memiliki tingkat LDL lebih dari 100-129 mg/dL, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, stroke, dan jantung.

3. Trigliserida

Selain LDL, tubuh juga dapat memproduksi lemak bernama trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sehingga, Anda disarankan menjaga kadar kolesterol normal pada trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL. Sementara, batas tinggi kadar trigliserida adalah 150-199 mg/dL, apabila kadarnya melebihi 200 mg/dL maka perlu diwaspadai.

4. Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah. Kondisi umum kadar kolesterol seseorang biasanya cukup dilihat dari kolesterol total dan HDL.

Apabila kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal. Namun, jika sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi. Dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Standar kolesterol normal wanita dan pria

Selain dari jenis-jenisnya, kadar kolesterol juga dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang. Berikut standar kolesterol normal wanita dan pria berdasarkan usia

1. Standar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun

Standar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Standar kolesterol normal wanita usia 20 tahun dan tiatasnya

Sementara, standar kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Standar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun

Sama halnya dengan wanita, standar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

4. Standar kolesterol normal pria usia 20 tahun dan diatasnya

Sementara, kadar kolesterol normal pria usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

Itulah ciri-ciri kolesterol naik tinggi pada wanita dan batasan kolesterol normal wanita serta pria dewasa. Mari jaga pola makan agar kolesterol tetap normal.

.

Selanjutnya: WEGE Raih Penghargaan BIM 5D TBQ dari Glodon Technical Indonesia

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (27/4) Hujan Lebat, Waspada Bencana di Provinsi Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×