kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Langkah mudah mengatasi insomnia


Sabtu, 22 Agustus 2020 / 07:35 WIB
3 Langkah mudah mengatasi insomnia


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Insomnia adalah salah satu jenis gangguan tidur yang dialami oleh cukup banyak orang. Mengatasi insomnia perlu dilakukan agar tidak mengganggu energi, mood, atau kondisi kesehatan lainnya. Biasanya, insomnia ditandai dengan kesulitan tertidur dan sering terbangun di malam hari.

Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Mengutip dari Help Guide (helpguide.org), insomnia tidak ditentukan dari jumlah jam tidur, tapi dari kualitas tidur dan bagaimana perasaan Anda setelah tidur. Meski Anda tidur 8 jam, tapi saat bangun Anda justru merasa lelah, Anda mungkin mengalami insomnia.

Selain sulit tidur dan sering terbangun di malam hari, insomnia juga diikuti dengan gejala lainnya. Setelah terbangun di malam hari, Anda mungkin kesulitan untuk kembali tidur. Alih-alih merasa segar di pagi hari, Anda justru merasa letih saat bangun tidur.

Baca Juga: Catat! Ini efek samping terlalu banyak minum kopi

Ketergantungan terhadap alkohol atau obat tidur juga bisa jadi gejala insomnia lainnya. Di siang hari, Anda sulit berkonsentrasi. Anda juga jadi lebih mudah lelah dan mudah tersinggung dengan lingkungan sekitar.

Mengatasi isomnia bisa Anda lakukan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa fokus menghilangkan penyebab insomnia. Help Guide menyebutkan beberapa hal yang menyebabkan Anda mengalami insomnia.

Rasa cemas, stres, dan depresi adalah penyebab umum terjadinya insomnia. Dengan tidak mendapat waktu tidur berkualitas, kondisi psikologis tersebut bisa lebih parah. Trauma, penyakit bipolar, rasa marah jadi faktor psikologis lain yang menyebabkan insomnia.

Masalah medis juga ikut andil dalam menyebabkan insomnia. Asma, alergi, penyakit parkinson, penyakit ginjal, dan penyakit kanker adalah beberapa penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

Insomnia juga bisa disebabkan karena pengobatan yang Anda jalani. Antidepresan, corticosteroid, dan pengobatan darah tinggi adalah contoh kecil pengobatan yang menyebabkan insomnia. Selain berkonsultasi dengan dokter, mengatasi insomnia juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Atur Suasana Tempat Tidur

Suara bising, cahaya, dan temperatur suhu tempat tidur cukup berpengaruh terhadap kegiatan tidur Anda. Mengatasi insomnia bisa Anda lakukan dengan mengatur hal-hal itu. Ruangan gelap, memutar musik yang lembut, dan mengatur suhu ruangan bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia.

Baca Juga: 3 obat sakit kepala yang manjur dan mudah untuk dilakukan

Jadwal Tidur Rutin

Mengatasi insomnia juga bisa Anda lakukan dengan mengatur jadwal tidur yang rutin. Usahakan untuk mematuhi jadwal tidur yang sudah Anda tentukan meski saat akhir pekan atau hari libur lainnya.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Menghindari kafein, alkohol, dan makanan berat bisa jadi cara untuk mengatasi insomnia. Alkohol memang bisa membuat Anda merasa lebih rileks dan tertidur, tapi hal itu justru membuat siklus tidur Anda terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×