3 Makanan penurun kolesterol, cocok untuk menghindari penyakit jantung

Senin, 24 Agustus 2020 | 09:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Makanan penurun kolesterol, cocok untuk menghindari penyakit jantung

ILUSTRASI. Buah dan sayur jadi makanan penurun kolesterol. Serat dalam buah dan sayur bisa menghalangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. KONTAN/Muradi/2016/08/25

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa menimbulkan beberapa jenis penyakit, seperti penyakit jantung atau strok. Maka dari itu, makanan penurun kolesterol penting untuk dikonsumsi agar jumlah kolesterol lebih normal.

Ada banyak makanan penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Heart UK (heartuk.org.uk) menyebutkan bahwa membatasi konsumsi lemak jenuh adalah salah satu kunci untuk menurunkan jumlah kolesterol. Makanan penurun kolesterol berikut bisa jadi cara untuk melakukan hal tersebut.

Makanan dengan Lemak Tak Jenuh yang Tinggi

Makanan penurun kolesterol pertama yang perlu Anda coba adalah makanan-makanan yang kaya akan lemak tak jenuh. Anda bisa mengonsumsi minyak sayur, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga: Manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui

Selain sumber makanan tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi minyak ikan sebagai makanan penurun kolesterol. Heart UK mengatakan bahwa minyak ikan banyak mengandung omega-3. Anda perlu menghindari minyak kelapa karena mengandung banyak lemak jenuh.

Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah makanan penurun kolesterol yang bisa menghindarkan Anda dari penyakit jantung, strok, dan beberapa jenis kanker. Vitamin dan mineral dalam buah dan sayur mampu membuat tubuh tetap sehat dan menghalangi munculnya penyakit.

Buah dan sayur juga memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat sedikit sehingga berat badan tubuh Anda tetap terjaga. Serat dalam buah dan sayur dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol.

Serat akan menghalangi penyerapan kolesterol dalam usus ke aliran darah. Sumber makanan penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi adalah brokoli, stroberi, ubi manis.

Baca Juga: 5 obat pembersih pembuluh darah dari bahan alami

Kacang

Makanan penurun kolesterol lainnya adalah kacang. Jumlah lemak jenuh bisa berkurang jika Anda rutin mengonsumsi sumber makanan ini. Kacang memiliki serat yang dapat menghalangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Selain mengandung serat, kacang juga kaya akan vitamin E, protein, magnesium, potasium, dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tubuh. Makanan penurun kolesterol ini juga memberikan efek mengenyangkan sehingga Anda tak mudah lapar dan mengonsumsi makanan ringan.

Editor: Belladina Biananda
Terbaru