Tips Sehat

Yuk, konsumsi 4 makanan yang mengandung vitamin B12 ini

Jumat, 15 Januari 2021 | 11:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Yuk, konsumsi 4 makanan yang mengandung vitamin B12 ini

ILUSTRASI. Serela termasuk dalam salah satu makanan yang mengandung vitamin B12.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu jenis vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin B12. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 adalah hal penting yang perlu Anda lakukan secara rutin.

Ada banyak tugas yang dijalankan vitamin B12 dalam tubuh. Mulai dari memproduksi darah dan energi, mencegah kerusakan saraf, menjaga fungsi kognitif, dan lain sebagainya. Tentu saja Anda akan mengalami beberapa gejala jika kekurangan vitamin B12.

Mulai dari kesemutan, sulit berkonsentrasi, mudah lelah, hingga mengalami anemia atau kurang darah. Akibatnya, Anda akan kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari. Supaya hal tersebut bisa Anda hindari, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan dalam artikel ini.

Salmon

Mengutip dari The Healthy (thehealthy.com), orang dewasa membutuhkan 2.4 mcg vitamin B12 per hari. Hal itu bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi salmon. Bahkan, 3 ons ikan salmon mampu menyediakan vitamin B12 dua kali lipat dari yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Mulai dari keju hingga yogurt, ini makanan yang mengandung kalsium

Tak hanya itu, salmon juga mengandung banyak asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Meski demikian, jangan konsumsi salmon secara berlebihan karena jenis ikan tersebut memiliki kandungan merkuri yang dapat menimbulkan penyakit.

Liver

Liver atau hati adalah pilihan makanan yang mengandung vitamin B12 selanjutnya. 3 ons liver hati menyediakan 60 mcg vitamin B12. Di sisi lain, Anda bisa mendapat 18 mcg vitamin B12 dari 3 ons liver ayam.

Susu

Ada banyak makanan yang mengandung vitamin B12, salah satunya adalah susu.

Selain sumber makanan di atas, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 dengan mengonsumsi susu atau produk olahan susu lain, seperti yogurt atau keju. Hal yang sama juga berlaku pada susu yang terbuat dari bahan lain. Misalnya, kacang kedelai atau kacang almond.

Baca Juga: Selain makan bergizi, multivitamin diperlukan untuk jaga daya tahan tubuh

Sereal

The Healthy merekomendasikan sereal sebagai makanan yang mengandung vitamin B12 untuk Anda pilih. Apalagi jika Anda sedang berusaha mengurangi konsumsi daging. Dengan makan sereal, kebutuhan tubuh akan vitamin B12 masih bisa tercukupi.

Cobalah untuk memilih sereal yang terbuat dari gandum utuh supaya kesehatan tubuh Anda terjaga. Anda bisa mengkombinasikannya dengan sumber makanan bernutrisi lainnya, seperti kacang almond, kacang kedelai, dan oatmeal.

Selanjutnya: Cegah anemia, inilah 5 makanan yang mengandung zat besi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru