kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah anemia, inilah 5 makanan yang mengandung zat besi


Kamis, 10 Desember 2020 / 07:42 WIB
Cegah anemia, inilah 5 makanan yang mengandung zat besi
ILUSTRASI. Bayam adalah salah satu makanan yang mengandung zat besi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Zat besi merupakan salah satu komponen sel darah merah yang mengantar oksigen ke seluruh tubuh. Supaya fungsi tersebut bisa berjalan dengan normal, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi berikut ini secara rutin.

Kerang

Kerang merupakan salah satu makanan laut yang mengandung banyak zat besi. Jenis zat besi yang ada dalam kerang adalah heme iron di mana lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain mengandung heme iron, kerang juga mengandung protein, vitamin C, dan vitamin B12.

Kerang tak hanya mencukupi kebutuhan zat besi tubuh Anda, tapi juga memberikan manfaat lain, seperti meningkatkan jumlah HDL atau lemak sehat. Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati terhadap kandungan merkuri dan zat racun dalam kerang.

Bayam

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa bayam merupakan makanan yang mengandung zat besi. Anda bisa mendapat 2.7 mg zat besi dalam 100 g bayam. Selain itu, bayam juga mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

Baca Juga: 10 Manfaat bengkuang untuk kesehatan tubuh Anda

Manfaat bayam juga berasal dari antioksidan yang bernama karotenoid. Jenis antioksidan itu mampu mengurangi risiko kanker, peradangan, penyakit mata. Cobalah untuk mengonsumsi bayam secara rutin dengan mengombinasikannya bersama sumber makanan bergizi lainnya.

Daging Merah

Makanan yang mengandung zat besi selanjutnya adalah daging merah. Dalam 100 g daging, Anda bisa mendapat 2.7 mg zat besi di mana memenuhi 15% kebutuhan zat besi harian Anda. Selain itu, daging merah juga mengandung banyak protein, selenium, zinc, dan vitamin B.

Kalkun

Sumber zat besi lain yang direkomendasikan Healthline adalah kalkun, apalagi daging kalkun hitam (dark turkey meat). Dalam 100 g daging kalkun hitam, Anda bisa mendapat 1.4 mg zat besi atau setara dengan 8% kebutuhan zat besi harian.

Baca Juga: Bisa menurunkan berat badan, inilah 4 manfaat rumput laut untuk kesehatan

Selain mengandung banyak zat besi, daging kalkun juga memiliki kandungan protein sehingga cocok dikonsumsi saat Anda melakukan diet. Mengonsumsi jenis makanan tersebut akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan metabolisme meningkat.

Tahu

Jika Anda ingin mencukupi kebutuhan zat besi, tak ada salahnya untuk mengonsumsi tahu secara rutin. 19% kebutuhan zat besi harian Anda bisa tercukupi dengan mengonsumsi 126 g tahu. Selain mengandung zat besi, tahu juga memiliki sejumlah mineral dan protein yang bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: 4 Pilihan makanan sehat untuk jantung ini layak Anda konsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×