kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,10   -7,25   -0.78%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Pilihan makanan sehat untuk jantung ini layak Anda konsumsi


Rabu, 09 Desember 2020 / 10:05 WIB
4 Pilihan makanan sehat untuk jantung ini layak Anda konsumsi
ILUSTRASI. Tahu adalah salah satu makanan sehat untuk jantung. KONTAN/Baihaki/20/4/2020


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jantung adalah salah satu organ vital yang dimiliki manusia. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kondisinya agar tetap terjaga. Jika tidak, serangan jantung, stroke, atau penyakit jantung lain bisa Anda alami. Berikut ini makanan sehat untuk jantung yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin.

Salmon

On Health (onhealth.com) mengatakan bahwa salmon mengandung banyak asam lemak omega-3 yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Mulai dari menurunkan jumlah trigliserida, risiko aritmia atau detak jantung abnormal, dan tekanan darah.

American Heart Association merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi dua porsi sumber makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Cobalah untuk mengombinasikan salmon dengan salad sayur supaya kebutuhan nutrisi tubuh Anda semakin terpenuhi.

Oatmeal

Makanan sehat untuk jantung selanjutnya yang bisa Anda konsumsi secara rutin adalah oatmeal. Sama seperti salmon, oatmeal mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung. Tak hanya itu, Anda bisa mendapat 4 g serat per satu gelas oatmeal.

Baca Juga: 6 Manfaat minyak ikan, bisa menyehatkan jantung,

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi oatmeal. Mulai dari memakannya bersama stroberi atau memakannya dalam bentuk kue. Namun, patikan untuk memilih kue oatmeal yang tidak mengandung lemak tambahan supaya tetap aman untuk kesehatan jantung.

Kacang Almond

Selain salmon dan oatmeal, kacang almond juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Jenis kacang itu mengandung banyak asam lemak omega-3, kalsium, magnesium, vitamin E, lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat).

Meski demikian, Anda tetap perlu mengonsumsi kacang almond dalam jumlah normal. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, kondisi kesehatan Anda terganggu. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi sumber makanan ini.

Baca Juga: Was​pada dan jangan abaikan, ini 4 gejala serangan jantung

Tahu

On Health mengatakan bahwa tahu juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung. Jenis makanan ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan jantung. Mulai dari folat, kalsium, magnesium, niacin, dan potasium.

Selain itu, kandungan protein yang dimiliki tahu juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Cobalah untuk mengganti daging dengan tahu untuk diolah menjadi hidangan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Selanjutnya: Penyebab dan cara mengatasi pembuluh darah pecah yang bisa Anda lakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×