kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk, coba 4 manfaat lemon untuk wajah ini


Rabu, 16 Desember 2020 / 12:38 WIB
Yuk, coba 4 manfaat lemon untuk wajah ini
ILUSTRASI. Salah satu manfaat lemon untuk wajah adalah mengobati jerawat Anda.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat lemon untuk wajah bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Mulai dari mengobati jerawat, mengatasi pigmentasi dan bintik hitam, serta cocok digunakan oleh pemilik tipe kulit berminyak.

Mengobati Jerawat

Jerawat muncul saat pori-pori kulit tersumbat minyak atau jenis kotoran lain dan berkontaminasi dengan bakteri. Namun, Dermatocare (dermatocare.com) mengingatkan agar jangan mengoleskan air lemon secara langsung pada jerawat karena justru bisa menyebabkan iritasi.

Supaya jerawat bisa hilang dengan baik, Anda bisa mengolah air lemon menjadi toner. Caranya, campurkan 1 ml air lemon dengan 10 ml air mawar. Oleskan campuran itu pada wajah dengan memakai kapas. Jika Anda masih memiliki sisa toner, simpan dalam kulkas dan gunakan dalam waktu seminggu.

Mengatasi Pigmentasi

Manfaat lemon untuk wajah juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bagian kulit yang mengalami pigmentasi. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan vitamin C dan asam sitrat dalam lemon. Anda bisa mencampur lemon dengan bahan pencerah alami lainnya, seperti pepaya atau timun.

Baca Juga: Bisa mencegah kemunculan tanda penuaan, berikut manfaat timun untuk wajah

Jika Anda memiliki tipe kulit yang tidak sensitif, Anda bisa mengaplikasikan air lemon pada bagian kulit yang mengalami pigmentasi. Diamkan dulu selama 15 hingga 30 menit kemudian bilas menggunakan air.

Cocok untuk Kulit Berminyak

Manfaat lemon untuk wajah cocok digunakan pemilik tipe kulit berminyak.

Lemon adalah salah satu jenis buah yang efektif mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Anda bisa mengolahnya menjadi pencuci muka. Namun, untuk menghindari efek samping dan iritasi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Baca Juga: Tidak boleh Anda lewatkan, ini manfaat baby oil untuk wajah

Mengurangi Bintik Hitam

Dermatocare mengatakan bahwa lemon untuk wajah juga bisa dipakai untuk mengurangi bintik hitam yang muncul di kulit. Pertama, oleskan air lemon pada bintik hitam menggunakan cotton bud. Setelah itu, perhatikan reaksi kulit dalam kurun waktu 48 jam.

Jika warna kulit memerah dan Anda merasakan sensasi terbakar di kulit, segera bilas dengan air dan hentikan pemakaiannya. Namun, jika kulit Anda tak iritasi, Anda bisa mengulangi cara yang sama sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu sampai bintik hitam memudar.

Selanjutnya: 5 Cara terbaik menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×