kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara terbaik menghilangkan noda hitam bekas jerawat


Rabu, 16 Desember 2020 / 08:16 WIB
5 Cara terbaik menghilangkan noda hitam bekas jerawat
ILUSTRASI. Madu adalah bahan alami yang bisa dijadikan cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski tak mengganggu kesehatan, penampilan bisa kurang maksimal karena bekas jerawat. Karena itu, banyak orang yang berusaha untuk mengatasinya dengan berbagai hal. Jika Anda salah satu orang yang ingin melakukan hal yang sama, cobalah cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat ini.

Asam Salisilat

Usahakan untuk memilih produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat. Jenis bahan ini mampu mebersihkan kotoran di kulit. Artinya, penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat bisa dihindari.

Medical News Today (medicalnewstoday.com) menambahkan bahwa asam salisilat juga bisa mengurangi kemerahan dan peradangan jerawat. Cobalah untuk menggunakan produk berbahan dasar asam salisilat secara rutin supaya bekas jerawat bisa hilang.

Retinoid

Selain asam salisilat, retinoid juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, retinoid juga berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel, peradangan kulit, dan kemunculan jerawat.

Baca Juga: 4 Penyebab jerawat di punggung ini perlu Anda hindari

Namun, penggunaan retinoid membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat melakukan kegiatan di luar ruangan. Menggunakan alat pelindung lain, seperti topi atau kacamata hitam, juga bisa Anda lakukan.

AHA

Medical News Today mengatakan bahwa AHA atau alpha hydroxy acid mampu mengangkat sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori. Saat menggunakan produk perawatan yang terbuat dari AHA secara rutin, sel kulit baru yang lebih cerah akan lebih mudah muncul.

Asam Laktat

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat juga bisa Anda lakukan dengan memakai asam laktat. Selain bisa mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati, asam laktat juga berfungsi untuk melembutkan kulit sehingga teksturnya menjadi lebih halus.

Baca Juga: 4 Manfaat madu untuk wajah terbaik yang bisa Anda dapat

Meski demikian, asam laktat bisa menyebabkan hiperpigmentasi yang justru membuat ulit berwarna lebih gelap. Untuk menghindari efek tersebut, Anda bisa mencoba asam laktat di daerah kulit tertentu sebelum menggunakannya di seluruh wajah.

Bahan Alami

Bekas jerawat juga bisa dihilangkan dengan bahan-bahan alami, lo. Beberapa bahan yang bisa Anda pakai adalah minyak kelapa, lidah buaya, madu, dan air lemon. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya untuk menghindari iritasi dan efek samping lainnya.

Selanjutnya: Bisa mencegah kemunculan tanda penuaan, berikut manfaat timun untuk wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×