kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspadai Tanda Kelebihan Gula Dalam Tubuh, Cek Daun Penurun Gula Darah Tercepat


Kamis, 23 November 2023 / 06:07 WIB
Waspadai Tanda Kelebihan Gula Dalam Tubuh, Cek Daun Penurun Gula Darah Tercepat
ILUSTRASI. Waspadai Tanda Kelebihan Gula Dalam Tubuh, Cek Daun Penurun Gula Darah Tercepat. Kontan/Alri kemas


Reporter: Adi Wikanto, Tim KONTAN | Editor: Adi Wikanto

Daun Penurun Gula Darah - Jakarta. Sejumlah daun-daunan memiliki manfaat sebagai penurun gula darah. Daun penurun gula darah cepat-cepatlah dikonsumsi jika ada tanda-tanda tubuh kelebihan gula.

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula darah perlu dikenali sejak awal. Hal itu untuk mendeteksi dan mencegah diabetes sejak dini.

Pasalnya, terlambat deteksi diabetes biasa fatal. Diabetes sering disebut sebagai ibunya penyakit. Jika orang sudah terkena diabetes, akan timbul penyakit lain seperti darah tinggi, stroke, gangguan ginjal dll.

Lalu, apa saja tanda-tanda tubuh kelebihan gula?

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula

Diberitakan Kompas.com, WebMD dan Medical News Today menyebutkan sejumlah tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang perlu diwaspadai.

Berikut tanda-tanda tubuh kelebihan gula:

  • Merasa ingin makan atau minum manis

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang pertama adalah merasa ingin makan atau minum minuman yang manis. Mengonsumsi makanan atau minuman yang manis dapat merangsang produksi hormon bahagia atau dopamin di dalam otak. Kondisi ini kemudian bisa menyebabkan rasa kecanduan sehingga Anda memiliki keinginan yang besar untuk makan atau minum yang manis-manis.

  • Merasa cemas dan gugup

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang kedua adalah timbul rasa cemas dan gugup. Makan makanan atau minuman yang manis dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat sehingga energi juga akan cepat meningkat. Ketika asupan gula tidak terpenuhi, suasana hati akan menurun sehingga menyebabkan rasa cemas dan gugup.

  • Mengalami gigi berlubang

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang ketiga adalah gigi berlubang. Bakteri di dalam mulut mengonsumsi gula dari makanan dan minuman yang manis. Selanjutnya, bakteri akan mengeluarkan asam yang dapat mengikis lapisan terluar gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Bahkan, orang-orang yang sering makan atau minum minuman yang manis memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami gigi berlubang.

  • Penuaan dini

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang keempat adalah mengalami penuaan dini. Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh sehingga juga akan berdampak buruk pada kesehatan kulit. Inflamasi yang terjadi dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit sehingga akan memperjelas tanda-tanda penuaan dini.

  • Nyeri sendi

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang kelima adalah mengalami nyeri sendi. Inflamasi yang terjadi juga dapat memperparah gejala nyeri sendi yang dialami. Bahkan, mengonsumsi makanan dan minuman yang manis secara berlebihan sudah terbukti dapat meningkatkan risiko radang sendi.

  • Obesitas

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang keenam adalah mengalami kenaikan berat badan dan obesitas. Semakin banyak asupan gula yang masuk ke dalam tubuh, maka berat badan akan semakin bertambah. Pasalnya, asupan gula yang berlebih dapat memicu inflamasi pada sel lemak sehingga merangsang produksi zat kimia yang dapat meningkatkan berat badan.

  • Resistensi insulin

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang ketujuh adalah mengalami diabetes dan resistensi insulin. Konsumsi makanan dan minuman yang manis secara berlebihan sudah terbukti dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu, kelebihan berat badan atau obesitas juga akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 serta resistensi insulin.

  • Kesulitan ereksi

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang kedelapan adalah mengalami kesulitan ereksi. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula juga bisa berdampak negatif pada kesehatan seksual, khususnya pada pria. Pasalnya, gula di dalam darah dapat membuat aliran darah tidak lancar sehingga tubuh tidak bisa berfungsi secara optimal dan kurang mampu untuk mempertahankan ereksi.

  • Lever rusak

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang kesembilan adalah mengalami kerusakan lever. Gula tambahan pada makanan dan minuman memiliki kandungan fruktosa yang tinggi yang dapat menurunkan fungsi lever atau hati dan membuatnya rusak jika dikonsumsi secara berlebihan. Akibatnya, risiko gangguan kesehatan lever akan terjadi, seperti penyakit perlemakan hati non-alkohol (NAFLD) dan non-alcoholic steatohepatitis (NASH).

  • Darah tinggi

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang ke-10 adalah mengalami tekanan darah tinggi. Konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi dapat memicu penumpukan insulin pada aliran darah sehingga akan berdampak buruk pada pembuluh darah di seluruh tubuh. Akibatnya, tekanan darah akan meningkat dan memicu masalah kesehatan lainnya yang lebih serius, seperti gagal jantung, serangan jantung, dan stroke.

  • Fungsi pankres turun

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang ke-11 adalah mengalami penurunan fungsi pankreas. Pankreas bertugas untuk memproduksi insulin. Namun, konsumsi gula yang berlebih dapat membuat tubuh kehilangan kemampuan untuk merespon insulin sehingga pankreas akan memproduksi lebih banyak insulin. Kondisi ini akan membuat pankreas bekerja terlalu keras dan merusaknya sehingga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lain, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

  • Gangguan ginjal

Tanda-tanda tubuh kelebihan gula yang ke-12 adalah mengalami kerusakan ginjal. Konsumsi gula berlebih dapat memicu terjadinya diabetes yang juga akan menurunkan fungsi ginjal. Ketika tidak segera diatasi, kondisi ini dapat merusak ginjal sehingga akan membuatnya tidak bisa bekerja dengan baik untuk menyaring kotoran di dalam darah.

Daun penurun gula darah tercepat

Jika mengalami tanda-tanda kelebihan gula darah, daun penurun gula darah bisa dikonsumsi secara rutin. Lebih jelasnya, dikutip dari Mayo Clinic, inilah beberapa daun penurun gula darah:

Baca Juga: Jangan Takut Kolesterol Naik! Ini 4 Tips Memasak Daging dengan Cara yang Sehat

1. Daun bayam

Daun penurunan gula darah tercepat yang pertama adalah bayam. Mengutip Healthline, bayam adalah sayuran non-tepung dan ramah diabetes yang sangat baik, yang bisa Anda tambahkan ke dalam makanan Anda.  

Bayam juga mengandung kuantum serat yang baik, yang mencegah lonjakan kadar gula darah. Bayam juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah.  

Tingginya konsentrasi polifenol dan vitamin C, keduanya memiliki sifat antioksidan, juga dipercaya berperan dalam mengatur kadar gula darah.

2. Daun kale

Daun penurunan gula darah tercepat yang kedua adalah kale. Kale sering digambarkan sebagai "makanan super" yang dikemas dengan senyawa yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah, termasuk serat dan antioksidan flavonoid.    

Penelitian juga memperlihatkan, antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam kale, termasuk quercetin dan kaempferol, memiliki efek penurun gula darah dan sensitivitas insulin yang kuat.  

3. Daun mangga   

Daun penurunan gula darah tercepat yang ketiga adalah daun mangga. Mengutip dari NDTV, salah satu obat diabetes yang bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah adalah daun mangga.

Mengendalikan kadar gula darah juga dapat membantu Anda mencegah komplikasi diabetes. Daun mangga bisa berkontribusi pada penurunan kadar gula darah.  

Daun mangga juga sarat dengan pektin, vitamin C, dan serat. Bersama-sama, daun mangga bermanfaat untuk diabetes dan kolesterol. 

4. Daun pepaya

Daun penurunan gula darah tercepat yang terakhir adalah pepaya. Menurut Healthline, daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah. 

Hal ini dikaitkan dengan kemampuan daun pepaya untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini. 

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah daun pepaya dapat digunakan untuk membantu mengelola kadar gula darah tinggi pada manusia. 

Itulah tanda-tanda tubuh kelebihan gula serta beberapa daun penurun gula darah tercepat. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Selanjutnya: Peminat Short Selling Masih Minim

Menarik Dibaca: Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung, Bahaya Sinar UV Hari Ini Capai Level Ekstrem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×