kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,90   12,59   1.38%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspadai Makanan Penyebab Asam Lambung, Asam Lambung Naik Ciri-Cirinya Apa?


Kamis, 19 Oktober 2023 / 11:14 WIB
Waspadai Makanan Penyebab Asam Lambung, Asam Lambung Naik Ciri-Cirinya Apa?
ILUSTRASI. Waspadai Makanan Penyebab Asam Lambung, Asam Lambung Naik Ciri-Cirinya Apa?


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Ciri-ciri Asam Lambung Naik - Jakarta. Simak makanan penyebab asam lambung. Lalu, jika asam lambung naik, ciri-cirinya apa saja?

Makanan penyebab asam lambung adalah makanan yang asam. Diberitakan Kompas.com, laman Medicine Net menyebutkan makanan asam adalah makanan yang biasanya memiliki tingkat pH 4,6 atau lebih rendah.

Makanan juga dikatakan asam, jika mimicu tubuh memproduksi lebih banyak asam setelah dimakan. Dikutip dari GoodRx Health, makanan asam setelah dipecah dan dicerna akan meningkatkan potensi beban asam ginjal (potential renal acid load/PRAL).

Ini adalah nilai yang mengukur asam yang dikeluarkan melalui urin (kencing), yang membantu menentukan keseimbangan asam-basa dalam tubuh Anda.

Rata-rata pH tubuh manusia normal adalah 7,40. Ketika makan makanan asam, pH tubuh bisa lebih rendah dari itu. Saat itu terjadi, dikatakan dalam laman Medicine Net, ginjal dan paru-paru Anda akan bekerja untuk menjaga pH tubuh Anda pada tingkat optimal.

Baca Juga: Asam Lambung Naik, Cek Cara Pengobatan Alami dan dengan Obat Dokter

Apa saja makanan asam penyebab asam lambung?

Disari dari Draxe dan Medicine Net, makanan asam yang bisa menyebabkan asam lambung meliputi berikut ini:

  • Makanan olahan yang tinggi natrium, seperti keripik dan camilan gurih lainnya
  • Bumbu tinggi sodium, seperti aneka saus
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan
  • Kacang-kacangan
  • Keju
  • Beras
  • Produk gandum
  • Mentega
  • Gorengan
  • Sirup jagung
  • Daging merah, seperti sapi, kambung, dan babi Ikan dan makanan laut lainnya
  • Beberapa buah, seperti jeruk dan mangga

Ada beragam makanan asam, tetapi tidak semuanya harus dihilangkan dari daftar menu harian Anda. Beberapa makanan asam dapat memberikan Anda nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Misalnya, buah jeruk mungkin bersifat asam berdasarkan pH-nya, tetapi memiliki efek alkalisasi pada tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa saja mengonsumsi buah jeruk setiap hari, kecuali jika Anda menderita penyakit asam lambung (gastroesophageal reflux disease/GERD). Buah jeruk dapat memicu GERD.

Kenapa makanan asam memicu asam lambung naik?

Mengutip Draxe, makanan asam dapat menyebabkan asam lambung naik atau refluks asam dengan merangsang relaksasi sfingter esofagus. Sfingter esofagus adalah sekelompok otot di kerongkongan bawah yang harus menutup setelah kita makan untuk mencegah aliran balik dan menjaga asam tetap di lambung.

Pada penderita GERD, sfingter esofagus sering kali melemah atau rusak dan tidak dapat bekerja secara efisien lagi. Oleh karena itu, jika Anda sudah menderita GERD, Anda perlu menghindari atau membatasi asupan makanan asam. Makanan asam dapat mengiritasi lapisan lambung dan kerongkongan, sehingga menyebabkan gejala klasik nyeri ulu hati.

Asam lambung naik ciri-cirinya apa?

Ciri-ciri asam lambung naik adalah hal penting yang sebaiknya Anda lakukan. Jika terlambat ditangani, bukan tidak mungkin muncul masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Zat asam dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai macam hal. Mulai dari menetralkan enzim yang berasal dari mulut, membunuh bakteri, hingga mencerna makanan supaya nutrisi dalam makanan itu dapat terserap secara maksimal.

Ada banyak faktor penyebab asam lambung rendah yang mengakibatkan fungsi-fungsi tersebut tak dapat bekerja optimal. Mulai dari penggunaan obat tertentu, usia, hingga sensitif terhadap makanan.

Jika Anda mengalami gejala asam lambung berikut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter, ya.

Perut kembung

Ciri-ciri asam lambung naik yang pertama adalah perut kembung. Makanan yang terlalu lama mengendap dalam sistem pencernaan dan tidak segera tercerna mengakibatkan produksi gas meningkat. Menurut The Acid Reflux Solution, hal itulah yang mengakibatkan perut Anda terasa kembung setelah Anda mengonsumsi makanan.

Selalu lapar

Ciri-ciri asam lambung naik selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah Anda selalu merasa lapar meski Anda baru selesai makan. Tubuh kesulitan menyerap nutrisi yang dibutuhkan karena asam lambung tidak dapat melakukan fungsinya dengan benar.

Mual

Mual jadi ciri-ciri asam lambung naik yang tidak boleh Anda abaikan. Umumnya, kondisi itu terjadi setelah Anda mengonsumsi sekitar 4 ons daging.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa mual karena asam lambung, misalnya dengan mengonsumsi jahe.

Heartburn

Ciri-ciri asam lambung naik mengakibatkan Anda sering bersendawa dan merasakan heartburn. Heartburn adalah istilah yang menggambarkan sensasi terbakar dari perut ke saluran pencernaan atas karena katup bawah kerongkongan tak dapat mengatasi desakan gas.

Sakit tenggorokan dan suara serak

Ketika heartburn terjadi secara terus-menerus, bukan tidak mungkin tenggorokan Anda menjadi iritasi. Hal itu membuat tenggorokan Anda terasa sakit. Suara Anda pun bisa menjadi serak karena heartburn yang terus berlangsung.

Bau mulut tak sedap

Mengutip dari The Acid Reflux Solution, makanan yang tak tercerna dengan baik akibat asam lambung yang terlalu sedikit dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Penyebabnya, sisa makanan mengendap dan memproduksi zat racun.

Itulah makanan penyebab asam lambung dan ciri-ciri asam lambung naik yang harus diwaspadai. Jauhi makanan penyebab asam lambung naik agar tidak mengalami gangguan kesehatan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×