kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buah untuk Menu Makan Asam Lambung, Cek 6 Obat Asam Lambung Naik Ke Dada Di Apotek


Jumat, 13 Oktober 2023 / 07:14 WIB
Buah untuk Menu Makan Asam Lambung, Cek 6 Obat Asam Lambung Naik Ke Dada Di Apotek
ILUSTRASI. Buah untuk Menu Makan Asam Lambung, Cek 6 Obat Asam Lambung Naik Ke Dada Di Apotek


Reporter: Adi Wikanto, Tim KONTAN | Editor: Adi Wikanto

Obat Asam Lambung Naik Ke Dada Di Apotek - Jakarta. Simak daftar obat asam lambung naik ke dada yang bisa dibeli di apotek. Kenali juga daftar buah dalam menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung.

Penderita asam lambung harus memiliki menu makanan sehari-hari. Termasuk buah-buahan karena ada buah tertentu yang bisa menyebabkan asam lambung semakin parah.

Lalu, apa buah yang baik dalam menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung?

Dilansir dari Kompas.com, HealthCentral menyebutkan beberapa buah yang bagus untuk menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung:

  • Pisang

Buah dalam menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang pertama adalah pisang. Pisang adalah salah satu buah yang mudah dicerna dan rendah asam, dibanding lainnya sehingga aman dikonsumsi penderita asam lambung. Pisang juga memiliki kandungan kalium yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah penyakit batu ginjal.

Baca Juga: 2 Jus Ini Efektif Menurunkan Asam Lambung Tinggi

  • Melon

Buah dalam menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang kedua adalah melon. Melon juga tergolong buah yang bagus untuk asam lambung karena kandungan asamnya yang sangat rendah. Dengan mengonsumsi buah melon, Anda juga dapat merasakan manfaat penting likopen, antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dan menghidari penyakit kanker.

  • Alpukat

Buah dalam menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang ketiga adalah alpukat. Alpukat memiliki tekstur yang lembut dan lumat sehingga termasuk buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung. Orang yang mengalami GERD berisiko mengalami peradangan atau iritasi pada saluran pencernaan, terutama di lapisan esofagus. Karena itu, penderita asam lambung sebaiknya makan buah bertekstur lumat seperti alpukat.

  • Pepaya

Buah dalam menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang keempat adalah pepaya. Pepaya rendah asam jadi bisa dikonsumsi penderita asam lambung. Buah ini juga memiliki kandungan beta-karoten serta vitamin C yang menyehatkan tubuh.

  • Semangka

Buah dalam menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang kelima adalah semangka. Buah ini dapat meredakan asam lambung karena kandungan air yang cukup tinggi. Semangka juga dapat menjadi sumber likopen yang turut berperan dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

  • Kelapa

Buah dalam menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang keenam adalah buah kelapa. Buah kelapa aman dikonsumsi penderita GERD. Selain itu, kelapa juga dapat membantu melancarkan pencernaan karena mengandung kalium dan berbagai senyawa. Tak hanya itu, air kelapa juga dapat mencegah peradangan pada lambung.

  • Persik

Buah dalam menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang ketujuh adalah buah persik. Buah persik mengandung mengandung vitamin esensial dan kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan. Persik juga termasuk buah dengan pH tinggi sehingga aman dikonsumsi penderita asam lambung.

Paparan di atas menjelaskan beberapa buah yang baik untuk asam lambung. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan tersebut sesuai kebutuhan harian atau mengikuti anjuran dari dokter. Sementara itu, penderita asam lambung sebaiknya menghindari buah yang menyebabkan asam lambung naik, seperti jeruk, tomat, nanas, dan apel hijau.

Obat asam lambung naik ke dada di apotek

Dilansir dari Momsmoney.id, ada beragam obat asam lambung di apotek. Secara garis besar, obat terdiri dari dua jenis, yaitu over the counter (OTC) atau obat tanpa resep dan obat resep dokter.

Dirangkum dari beberapa sumber, inilah beberapa daftar obat asam lambung naik ke dada di apotek yang bisa Anda konsumsi, antara lain:  

1. Antasida

Obat asam lambung di apotek yang pertama adalah antasida. Antasida merupakan obat asam lambung yang bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter.

Obat ini bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga keluhan nyeri ulu hati dapat berkurang.

Meski jarang terjadi, obat asam lambung yang satu ini dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti perut terasa kembung, diare, dan mual.

2. Obat antagonis H2

Obat asam lambung di apotek yang kedua adalah obat antagonis H2. Obat antagonis H2 bekerja dengan cara mengurangi produksi asam lambung.

Contoh obat asam lambung yang termasuk dalam golongan obat ini adalah cimetidin, famotidin, dan ranitidin.

Obat asam lambung ini jarang menimbulkan efek samping, namun penderita penyakit ginjal dan hati sebaiknya dihindari atau dikonsultasikan dulu dengan dokter.

3. Proton pump inhibitor (PPIs)

Obat asam lambung di apotek yang selanjutnya adalah proton pump inhibitor (PPIs).  

Proton pump inhibitors (PPIs) merupakan kelompok obat yang bisa mengatasi gejala sakit asam lambung dengan cara menghambat enzim yang memproduksi asam lambung.

Contoh obat jenis ini adalah omeprazole, esomeprazole, lansoprazole, dan pantoprazole.

Meski jarang, obat ini dapat menimbulkan efek samping berupa mual, pusing, sembelit, dan kembung.

4. Sukralfat

Obat asam lambung di apotek yang keempat adalah sukralfat. Sukralfat digunakan untuk mengobati gejala sakit asam lambung yang disebabkan oleh tukak lambung, GERD, dan infeksi lambung.

Obat yang tersedia dalam bentuk sirup ini bekerja dengan cara melapisi dinding lambung dan mencegahnya dari iritasi dan peradangan akibat asam lambung berlebih atau infeksi.

5. Bismuth subsalicylate

Obat asam lambung di apotek kelima adalah bismuth subsalicylate. Selain obat-obatan di atas, sakit asam lambung juga bisa diobati dengan obat yang disebut bismuth subsalicylate.

Obat ini tersedia dalam bentuk sirup dan bekerja dengan cara mengurangi produksi asam lambung serta meredakan peradangan pada lambung.

Obat ini dapat menimbulkan efek samping berupa perut kembung, mual, muntah, dan warna tinja menjadi coklat atau kehitaman.

6. Antibiotik

Obat asam lambung di apotek yang terakhir adalah antibiotik. Obat antibiotik tidak umum digunakan untuk mengobati gejala asam lambung.

Antibiotik biasanya baru akan diresepkan oleh dokter jika gejala asam lambung yang Anda rasakan disebabkan oleh infeksi bakteri, misalnya bakteri Helicobacter pylori.

Jenis obat yang termasuk golongan antibiotik untuk mengobati sakit asam lambung adalah amoxicillin, clarithromycin, metronidazole, dan tetracycline.

Selain mengonsumsi obat-obatan di atas, Anda juga perlu menghindari makanan pemicu asam lambung, rutin berolahraga, dan mengelola stres dengan baik.

Selain itu, mengonsumsi suplemen yang mengandung fucoidan juga dipercaya dapat membantu meredakan gejala sakit asam lambung.

Itulah sejumlah buah yang baik untuk menu makanan sehari-hari penderita asam lambung serta daftar obat asam lambung di apotek. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×