Kesehatan Umum

Waspadai 5 hal ini untuk mencegah obesitas

Rabu, 16 September 2020 | 13:58 WIB Sumber: Kompas.com
Waspadai 5 hal ini untuk mencegah obesitas

ILUSTRASI. ilustrasi kegemukan; obesitas; obesity; overweight; over weight; gendut. Foto Dok Shutterstock

KONTAN.CO.ID - Obesitas merupakan pemicu utama berbagai gangguan kesehatan kronis. Seseorang bisa dikatakan mengalami obesitas apabila memiliki lemak tubuh atau berat badan berlebihan hingga mempengaruhi kondisi kesehatannya.

Banyak riset membuktikan obesitas bisa memicu berbagai masalah kesehatan kronis seperti artritis dan beberapa jenis kanker.

Obesitas juga bisa memicu sindrom metabolik yang membuat kita rentan mengalami tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Itu sebabnya, kita harus berusaha maksimal untuk menjaga berat badan ideal.

Baca Juga: Inilah 6 minuman untuk bantu efektivitas obat batu ginjal

Hal ini bisa kita lakukan dengan menghindari berbagai pemicu obesitas.

Merangkum data Medical News dan Healthline, berikut berbagai faktor yang bisa memicu obesitas:

 

1. Terlalu banyak konsumsi kalori

Terlalu banyak mengonsumsi kalori hanya akan memicu penumpukan lemak berlebih yang tentunya akan berpengaruh pada berat badan.

Selain itu, beberapa jenis makanan tertentu juga bisa memicu penambahan berat badan, terutama makanan tinggi gula dan lemak. Makanan yang bisa meningkatkan risiko penambahan berat badan antara lain:

  • makanan cepat saji
  • makanan yang digoreng
  • daging olahan
  • minuman beralkohol.

Mengonsumsi makanan tersebut, ditambah dengan malas berolahraga, hanya akan membuat berat badan cepat naik.

Baca Juga: Awas, 9 gejala diabetes ini kerap tak disadari

Pada akhirnya, kita bisa dengan mudahnya mengalami obesitas. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kita memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian.

Jenis makanan tersebut membantu menyehatkan pencernaan dan membuat kita kenyang lebih lama.

 

2. Gaya hidup pasif

Aktivitas fisik mempengaruhi cara kerja hormon yang berperan dalam cara tubuh memproses makanan. Banyak riset menunjukkan aktivitas fisik yang tinggi membantu menjaga kestabilan insulin.

Kestabilan insulin sangat penting untuk mencegah obesitas karena tingkat insulin juga berperan dalam penambahan berat badan.

Tak perlu melakukan olahaga berat, sekadar jalan kaki, menaiki tangga, atau melakoni pekerjaan rumah tangga juga membantu dalam menjaga kestabilan insulin.

 

Editor: Noverius Laoli


Terbaru