Inilah 6 minuman untuk bantu efektivitas obat batu ginjal

Selasa, 15 September 2020 | 07:48 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah 6 minuman untuk bantu efektivitas obat batu ginjal

ILUSTRASI. jus lemon, termasuk minuman untuk bantu efektivitas obat batu ginjal

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat batu ginjal banyak tersedia di apotik. Selain konsumsi obat batu ginjal, sejumlah minuman juga bisa membantu dalam perawatan batu ginjal.

Batu ginjal terjadi karena adanya endapan keras mineral yang terbentuk dalam ginjal.  Endapan tersebut biasanya menyerupai kerikil hingga batu. Hal ini terjadi ketika mineral tertentu menumpuk dalam tubuh.

Penyebab endapan ini sendiri bisa beragam, misalnya saja pola makan tinggi protein, gula, dan garam. Faktor lain seperti genetik, obesitas, kurang minum, serta konsumsi vitamin aray suplemen dosis tinggi juga bisa jadi pemicunya.

Melihat penyebab dan faktornya, batu ginjal juga dapat diobati dengan mengubah pola makan dan pengobatan. Perawatan batu ginjal juga dapat dilakukan ala rumahan.

Baca juga: Lelang mobil Avanza tahun 2017 hanya Rp 34,5 juta, ini kondisinya

Setidaknya ada 6 jenis minuman untuk membantu pengobatan batu ginjal.

1. Minum air

Masalah ginjal biasanya berhubungan dengan konsumsi cairan. Merangkum dari Healthline, minum banyak cairan adalah bagian penting dalam menjaga ginjal, mencegah pembentukan batu ginjal, dan bahkan bisa mengeluarkannya. Banyak minum air membantu efektivitas obat batu ginjal.

Ya, cairan tidak hanya mengeluarkan racun dalam tubuh tapi juga mengeluarkan batu ginjal melalui saluran kemih. Jika Anda didiagnosis dengan batu ginjal, upayakan untuk minum 12 gelas air setiap hari. Pasalnya, dehidrasi adalah salah satu faktor risiko utama batu ginjal.

Anda perlu memperhatikan warna urine untuk memastikan kondisi hidrasi tubuh. Warna urine yang baik adalah kuning pucat yang sangat terang.

2. Jus lemon

Selain air, Anda juga bisa minum jus lemon untuk membantu pengobatan batu ginjal. Melansir dari Business Insider, minuman ini dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal, terutama yang terbentuk dari mineral kalsium.

Ketika batu ginjal kalsium terbentuk di saluran kemih yang mengarah ke batu ginjal, sitrat (senyawa dalam lemon) dapat melapisi endapan tersebut sehingga kalsium dan oksalat tidak banyak menggumpal.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Urology tahun 2017 menemukan bahwa minum dua liter air dengan sekitar 120 mililiter jus lemon dapat menurunkan laju pembentukan batu ginjal. Selain itu, sitrat juga dapat memecah batu menjadi lebih kecil hingga mudah dikeluarkan.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru