Waspada, Virus Corona sebabkan gangguan pendengaran

Rabu, 03 November 2021 | 15:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada, Virus Corona sebabkan gangguan pendengaran

ILUSTRASI. Ada banyak efek Covid-19 yang bisa Anda alami, salah satunya adalah gangguan pendengaran.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak efek infeksi Virus Corona yang bisa Anda alami. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa Covid-19 dapat menyebabkan gangguan pada bagian dalam telinga. Selain itu, penyakit tersebut pun berpotensi menyebabkan masalah pendengaran.

Mengutip dari Daily Trust (dailytrust.com), para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology dan Massachusetts Eye and Ear memantau 10 pasien Covid-19. Pasien yang terlibat dalam penelitian dilaporkan memiliki gejala Covid-19 yang berhubungan dengan kesehatan telinga.

Hasilnya, Virus Corona dapat menginfeksi telinga bagian dalam, apalagi sel rambut. Hal itu mengakibatkan pasien kehilangan keseimbangan dan mengalami gangguan pendengaran. Beberapa jenis gangguan pendengaran yang dimaksud adalah pusing, tinnitus, dan kehilangan pendengaran.

Selain melihat kondisi kesehatan pasien Covid-19, penelitian lain juga melibatkan sampel buatan. Melansir Daily Trust, ditemukan Virus Corona di sel rambut dan sel schwann yang memungkinkan virus tersebut untuk menginfeksi tubuh.

Baca Juga: Waspada, penerima vaksin masih bisa tularkan Virus Corona

Menurut penelitian, Virus Corona tidak bisa masuk ke tipe sel yang lain. Sampai saat ini, belum diketahui bagaimana Virus Corona bisa masuk ke telinga bagian dalam. Namun, kemungkinan yang bisa dipahami adalah virus masuk melalui tabung yang menghubungkan hidung dan telinga.

Teori lain menunjukkan bahwa Virus Corona keluar dari hidung melalui saraf olfaktori yang sedikit terbuka. Setelah itu, virus menginfeksi saraf kranial, termasuk yang terhubung ke telinga bagian dalam.

Baca Juga: Dapat izin BPOM, ini efek samping vaksin Covid-19 Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun

Sayangnya, para peneliti belum bisa mengetahui persentase pasien Covid-19 yang mengalami gangguan pendengaran. Namun, para peneliti berharap bahwa hasil penemuan itu bisa membuat masyarakat lebih berhati-hati terhadap infeksi Virus Corona.

Supaya Anda bisa terhindar dari infeksi Covid-19, pastikan Anda untuk segera mendapat suntikan vaksin, ya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga jarak, pakai masker, mencuci tangan, dan menerapkan protokol kesehatan lain secara disiplin.

Selanjutnya: Harga mobil bekas Honda Mobilio ramah kantong per November 2021, cuma Rp 80 jutaan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru