Waspada, penerima vaksin masih bisa tularkan Virus Corona

Selasa, 02 November 2021 | 16:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada, penerima vaksin masih bisa tularkan Virus Corona

ILUSTRASI. Meski Anda sudah divaksin, tetap waspadai penyebaran Virus Corona. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu hal penting yang bisa menurunkan risiko penyebaran Virus Corona adalah vaksin Covid-19. Namun, bukan berarti penerima vaksin menjadi kebal terhadap virus dan tidak bisa menularkan penyakit tersebut ke orang lain.

Meski demikian, bukan berarti Anda menjadi mengurungkan niat untuk mendapat suntikan vaksin Covid-19, ya. Meski tertular setelah divaksin, efek Covid-19 yang Anda rasakan tidak terlalu parah. Kebutuhan perawatan rumah sakit dan risiko kematian akibat penyakit itu juga menurun.

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), penerima vaksin biasanya tak menunjukkan gejala Covid-19. Hal itulah yang membuatnya cukup berbahaya. Tanpa sadar, Anda bisa menularkan Virus Corona ke orang lain. Apalagi mereka yang berada di satu ruangan yang sama dengan Anda.

Baca Juga: Dapat izin BPOM, ini efek samping vaksin Covid-19 Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun

Hasil penelitian menyebutkan bahwa risiko penularan Virus Corona dari orang yang tinggal serumah adalah 38%. Apabila orang lain yang tinggal serumah dengan Anda juga sudah divaksin, risiko penularannya turun menjadi 25%.

Mengutip dari E Times, hasil penelitian itu didapat dengan 440 rumah tangga di London dan Bolton yang melakukan Tes Covid PCR dari September 2020 sampai Sember 2021. Tak hanya penerima vaksin dosis pertama, penerima vaksin dosis kedua pun memiliki risiko yang sama.

Baca Juga: Berikut ini urutan gejala Covid-19 yang biasa terjadi

Supaya Anda tetap terhindar dari penularan Virus Corona, penting bagi Anda untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Pastikan untuk menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di tempat umum. Selain itu, usahakan untuk selalu memakai masker dan menjaga kebersihan tangan.

Jangan lupa pula untuk selalu menjaga sistem imun tubuh supaya tetap kuat. Anda bisa mengonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, dan lain sebagainya. Mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral tertentu juga bisa jadi pilihan. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dosis yang disarankan dokter.

Selanjutnya: Setiap kendaraan wajib pasang stiker berhologram pajak kendaraan, ini alasannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru