Berikut ini urutan gejala Covid-19 yang biasa terjadi

Senin, 01 November 2021 | 16:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Berikut ini urutan gejala Covid-19 yang biasa terjadi

ILUSTRASI. Pilek jadi salah satu gejala Covid-19.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski aturan-aturan terkait Covid-19 sudah dilonggarkan, bukan berarti Anda bisa menganggap penyakit itu tak ada, ya. Gejala Covid-19 tetap perlu Anda waspadai. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Melansir Eatthis.com, ada urutan gejala Covid-19 yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Urutan yang dimaksud adalah pilek, sakit kepala, bersin, sakit tenggorokan, dan anosmia atau menurunnya fungsi indra penciuman.

Apabila Anda belum mendapat suntikan vaksin Covid-19, gejala Virus Corona yang bisa Anda alami adalah demam, batuk, tubuh terasa sakit, pilek, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Biasanya, gejala terinfeksi Covid-19 bagi Anda yang sudah divaksin lebih menyerupai gejala flu.

Baca Juga: Kabar gembira! Menkes sebut obat Covid-19 bakal ada di Indonesia akhir tahun

Maka dari itu, sebaiknya jangan abaikan gejala flu yang sedang Anda alami. Terlebih bagi Anda yang baru saja bertemu orang lain atau pasien positif Virus Corona. Usahakan untuk segera melakukan isolasi mandiri dan menghubungi tenaga kesehatan untuk mendapat perawatan yang benar.

Selain gejala-gejala yang telah disebutkan, masih banyak tanda infeksi Virus Corona lain yang wajib Anda waspadai. Mengutip dari Eatthis.com, tanda yang dimaksud adalah sesak napas, kelelahan, nyeri otot, hidung tersumbat, mual, muntah, dan diare.

Baca Juga: Jangan anggap sepele, ini 4 gejala awal stroke saat muda

Apabila Anda sudah divaksin, pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, ya. Apalagi dengan kemunculan mutasi Virus Corona. Ada beberapa jenis mutasi yang lebih mudah menyebar sehingga risiko Anda terinfeksi Covid-19 pun menjadi lebih tinggi.

Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain di tempat umum. Tidak hanya itu, gunakan masker yang sesuai standar dengan baik. Usahakan untuk menjaga kebersihan tangan memakai sabun dan air mengalir. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer.

Selanjutnya: Emiten.com hadirkan analisis saham tepercaya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru