kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, nyeri perut kiri bawah terjadi karena 4 hal ini


Jumat, 15 Oktober 2021 / 11:47 WIB
Waspada, nyeri perut kiri bawah terjadi karena 4 hal ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri perut kiri bawah bisa sembuh dengan sendirinya, apalagi jika penyebabnya tak terlalu serius. Namun, kondisi itu juga bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda bila tak segera diatasi. Gejala-gejala lainnya pun sebaiknya Anda perhatikan.

Mulai dari demam, buang air besar berdarah, mual dan muntah secara terus-menerus, perut bengkak, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami kondisi itu, segera hubungi dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), penumpukan gas adalah salah satu faktor umum yang menyebabkan nyeri perut. Gas bisa menumpuk dalam tubuh karena berbagai alasan, seperti mengunyah permen karet, merokok, terlalu banyak makan, dan lain-lain.

Apakah penyebab nyeri perut hanya hal itu? Tentu saja tidak. Masih banyak faktor lain yang perlu Anda waspadai. Misalnya, divertikulitis, menstruasi, dan lain-lain. Jangan ragu untuk membicarakan kondisi yang Anda alami dengan dokter supaya perawatan yang tepat bisa Anda dapat.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi diare ini layak Anda coba, apa saja?

Batu Ginjal

Batu ginjal menimbulkan nyeri perut kiri bawah.

Nyeri perut kiri bawah dapat terjadi karena batu ginjal. Beberapa gejala batu ginjal yang bisa Anda alami adalah air kencing berwarna gelap dan berbau tak sedap, demam, mual, muntah, serta muncul rasa sakit saat Anda buang air kecil.

Divertikulitis

Divertikulitis adalah faktor umum lain yang dapat menimbulkan nyeri perut. divertikulitis adalah kantung-kantung kecil yang terbentuk di sepanjang usus besar. Akibatnya, Anda bisa mengalami demam, mual, muntah, dan sakit perut. Jika memang diperlukan, operasi perlu dilakukan untuk mengatasi masalah itu.

Baca Juga: Anda mengalami nyeri perut kanan bawah? 5 hal ini penyebabnya

Menstruasi

Menstruasi sebabkan nyeri perut kiri bawah.

Bagi wanita, nyeri perut kiri bawah bisa Anda alami ketika siklus menstruasi terjadi. Sebenarnya, kondisi itu merupakan hal yang normal. Namun, sebagian kasus menunjukkan rasa sakit yang lebih kuat. Segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter bila nyeri haid semakin parah dari waktu ke waktu.

Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik adalah pembuahan sel telur yang terjadi di luar uterus atau rahim. Selain menyebabkan sakit perut, Healthline menyebutkan ada gejala lain yang Anda alami ketika mengalami kehamilan ektopik. Mulai dari pendarahan, muncul rasa sakit saat buang air kecil atau buang air besar, dan lain-lain.

Selanjutnya: 5 Obat kencing batu ini berasal dari bahan-bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×