Waspada! Inilah gejala long covid yang bisa Anda alami

Senin, 16 Agustus 2021 | 13:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada! Inilah gejala long covid yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Kelelahan termasuk salah satu gejala long covid yang dapat Anda alami.


KONTAN.CO.ID - Long covid adalah kondisi di mana pasien Covid-19 masih mengalami gejala virus corona, meski sudah dinyatakan sembuh. Penyakit itu bisa merusak kondisi organ dalam tubuh sehingga masalah kesehatan pun Anda alami.

Setiap pasien mengalami gejala Civid-19 yang berbeda-beda. Mulai dari gejala ringan, sedang hingga berat. Umumnya, gejala-gejala itu hilang dua hingga tiga minggu setelah gejala pertama muncul.

Mengutip E Times, long covid masih bisa Anda alami selama lebih dari empat minggu.

Menurut sebuah penelitian dari University of Birmingham, ada beberapa gejala Covid-19 yang bisa Anda alami dalam jangka waktu yang relatif lama. Mulai  kelelahan, sesak napas, nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, hingga penurunan fungsi indra penciuman serta pencecap.

Tidak hanya itu, gangguan tidur dan gangguan kognitif, seperti sulit berkonsentrasi, juga dialami oleh pasien Covid-19. Tentu saja, kondisi itu dapat mengganggu kegiatan sehari-hari yang Anda lakukan.

Baca Juga: Waspada akan disfungsi kognifitf pasca sembuh dari Covid-19

Baca Juga: Inilah perbedaan paru-paru pasien Covid-19 yang sudah vaksin dan belum

Melansir E Times, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko long covid. Hasil penelitian menunjukkan, kebutuhan oksigen dan perawatan rumahsakit saat terinfeksi Covid-19 bisa menyebabkan gejala virus corona berlangsung lama.

Selain itu, masih ada faktor lain yang perlu Anda waspadai. Mulai dari banyaknya gejala Covid-19 yang Anda alami (semakin banyak gejala, semakin tinggi risiko long covid), usia tua, jenis kelamin perempuan, hingga penyakit lain yang telah Anda alami sebelum terinfeksi virus corona.

Supaya proses pemulihan setelah Covid-19 bisa berjalan maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Pertama, atur makanan yang Anda konsumsi dan selalu ikuti arahan tenaga kesehatan selama waktu pemulihan. Kedua, rajin olahraga. Ketiga, konsumsi makanan bergizi dan minum air putih.

Jika kondisi tubuh Anda memungkinkan, jangan lupa untuk segera menerima suntikan vaksin Covid-19, ya.

Vaksin memang tidak membuat tubuh Anda kebal dari infeksi virus corona. Namun, vaksin bisa memberikan perlindungan tubuh ekstra sehingga efek Covid-19 tak terlalu parah.

Selanjutnya: Efek Covid-19 Terhadap Jantung, Penyintas Perlu Waspadai Lima Hal Berikut ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru