Kesehatan Umum

Waspada, inilah 5 penyebab telat haid yang bisa Anda alami

Rabu, 18 November 2020 | 11:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada, inilah 5 penyebab telat haid yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Stres adalah salah satu penyebab telat haid yang perlu Anda waspadai. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Telat haid merupakan salah satu kondisi yang bisa membuat khawatir. Apalagi jika biasanya siklus haid terjadi secara rutin dan tidak sedang menjalankan program kehamilan. Berikut ini beberapa penyebab telat haid yang perlu Anda perhatikan supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Stres

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa stres berpengaruh pada siklus haid. Anda bisa mengalami haid lebih cepat atau lebih lama daripada biasanya. Stres juga mampu menyebabkan nyeri haid terasa lebih parah.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. Mulai dari olahraga, yoga, meditasi, membuat jurnal, atau melakukan hobi lain yang menyenangkan.

Perimenopause

Penyebab telat haid lain yang perlu Anda perhatikan adalah perimenopause. Umumnya, menopause terjadi saat seorang wanita berusia 52 tahun. Nah, perimenopause terjadi 10 hingga 15 tahun sebelum seorang wanita menginjak usia tersebut.

Baca Juga: Penyebab nyeri haid dan cara pencegahan yang bisa Anda coba

Perimenopause terjadi karena hormon estrogen mulai berfluktuasi. Jumlah hormon yang tidak seimbang menyebabkan siklus haid Anda terganggu. Ketika Anda tak mengalami haid selama satu tahun, bisa dikatakan Anda telah mengalami menopause.

Berat Badan Turun

Medical News Today mengatakan bahwa berat badan yang turun secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan siklus haid terganggu. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang melakukan olahraga berat dan intensif.

Berat badan yang turun mampu mengubah jumlah hormon reproduksi wanita sehingga haid tak berlangsung. Jika Anda mengalami hal tersebut, segera berkonsultasi pada dokter agar tubuh mendapat vitamin dan mineral yang sesuai.

Obesitas

Obesitas jadi salah satu penyebab telat haid.

Telat haid tak hanya disebabkan karena berat badan yang turun. Obesitas atau kelebihan berat badan pun mampu menyebabkan haid menjadi terlambat. Obesitas bisa jadi tanda bahwa ada kondisi kesehatan lain yang terganggu, misalnya PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

Jika telat haid yang Anda alami berlangsung selama beberapa waktu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan menjalankan tes darah dan ultrasound untuk mendiagnosis kondisi kesehatan Anda.

Baca Juga: 4 Cara mempercepat haid yang aman dilakukan

Kondisi Hormon

Penyebab telat haid lainnya juga bisa dikarenakan kondisi hormon, misalnya hormon tiroid. Ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan haid terlambat bisa dideteksi dengan tes darah. Nantinya, dokter akan melihat penyebab ketidakseimbangan hormon itu.

Biasanya ketidakseimbangan hormon terjadi karena keturunan. Namun, kondisi kesehatan lain yang lebih parah juga bisa jadi penyebabnya. Siklus menstruasi Anda yang tak berjalan normal bisa diatasi dengan minum obat yang diresepkan dokter.

Selanjutnya: Haid tidak teratur bisa disebabkan oleh 5 hal berikut ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru