Kesehatan Umum

4 Cara mempercepat haid yang aman dilakukan

Senin, 26 Oktober 2020 | 10:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mempercepat haid yang aman dilakukan

ILUSTRASI. Mengelola stres dengan baik bisa jadi cara mempercepat haid.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak alasan mengapa seorang wanita ingin haid lebih cepat. Mulai dari ingin memperbaiki siklus haid, sedang merencanakan kehamilan, atau alasan lainnya. Jika Anda salah seorang yang ingin melakukan hal tersebut, cara mempercepat haid berikut bisa dicoba.

Jahe

Jika Anda ingin mempercepat siklus haid, cobalah untuk mengonsumsi jahe. Bahan alami ini dipercaya mampu menstimulus kontraksi uterus. Anda bisa merebus irisan jahe dalam air selama lima hingga tujuh menit lalu aring air rebusan itu. Anda bisa menambah gula atau madu sebelum meminumnya.

Kelola Stres dengan Baik

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin atau kortisol. Kondisi itu bisa mengganggu produksi estrogen dan progesteron sehingga jadwal haid menjadi datang terlambat. Maka dari itu, Anda perlu mengelola stres dengan baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar tubuh dan pikiran lebih rileks. Mulai dari melakukan hobi, meditasi, yoga, mengurangi beban kerja yang sedang dilakukan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 warna darah haid ini bisa tunjukkan kondisi kesehatan, lo

Nanas

Nanas bisa jadi salah satu cara mempercepat haid.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), siklus haid Anda bisa dipercepat dengan mengonsumsi nanas. Buah ini mengandung salah satu enzim bernama bromelain yang berpengaruh pada produksi estrogen dan hormon lainnya.

Penelitian yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa bromelain mampu mengurangi peradangan, salah satu penyebab jadwal haid yang terlambat. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut apakah nanas benar-benar bisa mempercepat haid.

Mandi dengan Air Hangat

Healthline mengatakan bahwa mandi dengan air hangat bisa memberikan efek relaksasi. Efek tersebut semakin terasa saat Anda menggunakan essential oil sehingga otot dan pikiran yang tegang akibat stres bisa mengendur.

Baca Juga: 6 Manfaat jahe yang perlu Anda tahu, bisa redakan mual dan nyeri haid

Tak hanya membuat tubuh rileks, suhu panas juga mampu menstimulus aliran darah sehingga haid bisa datang lebih cepat. Selain mandi menggunakan air hangat, Anda juga bisa mencoba kompres hangat di perut Anda.

Jika cara mempercepat haid di atas sudah dilakukan, tapi jadwal haid masih terganggu, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah kondisi yang lebih parah. Apalagi jika ada faktor lain, seperti tanda-tanda hamil, menopause sebelum usia 45 tahun, dan lain-lain.

Selanjutnya: Haid tak teratur? Coba 3 cara melancarkan haid ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru